Jenis-Jenis Obat Keputihan Alami

Jenis-Jenis Obat Keputihan Alami

Bagi kaum wanita, keputihan adalah hal yang menjengkelkan, bisa jadi menjadi para suami tidak merasa puas karena hal itu, baiklah di bawah ini telah k

Ingin Awet Muda, Tenang dan Segar, Cobalah Latihan Pernafasan
Siti Badriah Berbagi Tips Sehat di Lokasi Syuting
Beginilah Cara Cewek Dan Cowok Mengahadapi Stress

Bagi kaum wanita, keputihan adalah hal yang menjengkelkan, bisa jadi menjadi para suami tidak merasa puas karena hal itu, baiklah di bawah ini telah kami kumpulkan beberapa jenis obat keputihan alami yang bisa temenradio pilih dan gunakan untuk mengatasi gangguan pada area kewanitaan.

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan obat keputihan alami yang dapat menghilangkan berbagai bakteri dan kuman penyebab infeksi. Manfaat bawang putih dapat mengobati keputihan sudah dikenal semenjak jaman nenek moyang. Satu siung bawang putih dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri atau jamur pada area vagina.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, ambil satu siung bawang putih kemudian kupas kulitnya, bersihkan, dan potong menjadi dua bagian. Sebelum tidur, letakkanlah potongan bawang putih tadi di atas vagina sampai pagi hari.

2. Kunyit

Kunyit adalah salah satu obat alami keputihan yang termasuk dalam jenis umbi-umbian, kunyit mengandung bahan anti bakteri berbahaya yang dapat membantu menyembuhkan keputihan. Umbi kunyit yang digunakan adalah yang telah berusia lebih dari satu tahun.

Cara membuat obat keputihan dengan kunyit, ambil 2 rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu genggaman buah asam dan satu potong gula aren. Semua bahan tersebut direbus dengan satu liter air sampai mendidih kemudian disaring. Minum air rebusan tersebut satu gelas sehari.

3. Daun sirih

Daun sirih adalah jenis daun yang sangat bermanfaat untuk kebersihan area V. makanya dengan merendam daun sirih bisa menyembuhkan keputihan. Caranya rendam daun sirih secukupnya ke dalam air selama sekitar satu atau dua jam, kemudian air rendaman tersebut kemudian digunakan untuk membersihkan vagina.

Saat ini obat alami yang berasal dari daun sirih juga sudah dibuat dalam bentuk sabun yang bisa dipakai untuk membersihkan area kewanitaan secara rutin. Pilihlan sabun dengan kadar asam yang tidak terlalu tinggi agar tak merusak ekosistem bakteri di vagina.

4. Akar bayam

Salah satu cara mengatasi keputihan abnormal adalah dengan menggunakan obat tradisional akar bayam. Tumbuhan ini mengandung sifat sebagai anti bakteri yang kuat yang dapat membunuh bakteri jahat dalam vagina dan menyembuhkan infeksi penyebab keputihan.

Akar bayam adalah obat keputihan alami yang sudah terbukti ampuh dalam menyembuhkan gangguan ini. Cara penggunaanya adalah akar bayam dibuat jus dan diminum dua kali sehari.

5. Biji ketumbar dan biji mangga

Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia karena kesuburan tanahnya membuat banyak tanaman obat dapat tumbuh dengan subur, salah satunya adalah biji ketumbar dan biji mangga yang baik sekali untuk mengobati keputihan secara alami.

Untuk membuat obat keputihan alami dari biji ketumbar, rendamlah biji ketumbar semalaman kemudian minum air rendaman tersebut keesokan harinya saat perut masih kosong. Lakukan metode ini selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih manjur.

Biji mangga yang telah dikeringkan juga ampuh mengobati keputihan secara alami. Caranya keringkan dan giling biji mangga sampai hancur dan menjadi bubuk.

Campur bubuk biji mangga dengan beberapa tetes air sehingga menjadi adonan. Oleskan adonan tersebut di dalam vagina untuk mengatasi keputihan abnormal.

6. Akar mawar

Jika bunga mawar ampuh untuk merawat wajah maka akar tanaman ini juga bermanfaat mengobati keputihan yang telah mengganggu. Caranya, ambil akar mawar secukupnya kemudian cuci hingga bersih, setelah itu rebus dengan air. Minumlah air rebusan akar mawar secara teratur untuk mengurangi rasa gatal akibat keputihan.

Pada dasarnya penyembuhan keputihan sangat tergantung dari penyebab keputihan tersebut terjadi. Jika penyebabnya adalah jamur maka gunakan obat anti jamur yang berbentuk gel atau krim yang dimasukkan ke dalam vagina. Dan jika penyebab keputihan adalah bakteri maka dokter biasanya memberi pasien pil antibiotik atau krim.

Penggunaan obat-obatan seharusnya dilakukan atas rekomendasi dokter. Dan jika anda ingin menggunakan ramuan tradisional maka anda bisa memilih salah satu dari enam jenis obat keputihan alami di atas yang paling umum digunakan wanita untuk menyembuhkan keputihan abnormal yang dialami.

  1. Hindari stres karena tekanan pada jiwa yang berlebih akan menyebabkan keputihan pada wanita.
  2. Banyak minum air putih dapat menetralkan kondisi asam basa area kewanitaan.
  3. Rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan membunuh bakteri dari dalam.

Terlalu sering membersihkan vagina juga menyebabkan keputihan abnormal apalagi jika bahan yang digunakan berupa antiseptik yang dapat membunuh bakteri di vagina.

sumber : Sehatki

 

COMMENTS