22 Manfaat dan Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan

22 Manfaat dan Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan

Cengkeh adalah komoditi unggul asli Indonesia yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara Eropa serta sebagai bahan utama rokok kretek

Manfaat dan Khasiat Kencur (Cikur) untuk Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Tersembunyi Umbi Suweg Untuk Kesehatan Tubuh
Khasiat Buah Tomat Untuk Wajah Kecantikan

Cengkeh adalah komoditi unggul asli Indonesia yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara Eropa serta sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia

Manfaat dan Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan sangatlah banyak. Tanaman cengkeh ini dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Minyak cengkeh banyak dimanfaatkan oleh dokter gigi sebagai penghilang rasa sakit dan selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, penyedap masakan, dan wewangian.

1. Bergizi

Cengkeh kaya dengan nutrisi penting dan juga vitamin kaya akan kalsium dan magnesium. Cengkeh juga mampu memasok energi dengan jumlah yang banyak dan merupakan serat makanan.

2. Antibakteri dan Anti Jamur

Cengkeh secara alami sangat efektif melawan bakteri terutama yang menyebabkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh pun mengandung eugenol yang mempunyai sifat antijamur dan sangat efektif mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.

3. Analgesik

Minyak cengkeh terbukti dapat mengobati sakit gigi. Malah baru-baru ini telah di kabarkan hasil sebuah eksperimen telah membuktikan minyak cengkah mampu sebagai sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

4. Perangsang seksual

Secara tradisional cengkeh diangga memiliki sifat afrodisiak untuk menaikkan syahwat. sebuah penelitian anggapan tersebut dan hasilnya memang terkbukti mempunyai sifat seperti itu. sebuah eksperimen juga mengatakan cengkeh mampu mengatasi ejakulasi dini.

5. Ramah di Perut

Cengkeh juga merupakan makanan yang terbaik untuk perut anda. Cengkeh tidak hanya membantu melawan kembung dan borok tetapi juga dapat efektif mengata$i mual dan gangguan pencernaan.

6. Baik Untuk Jantung

secara ‘ajaib’ eugnol yang dimiliki cengkeh dapat mencegah pembekuan darah dan dapat membantu mencegah stroke. Penelitian masih dilakukan dan belum ada pernyataan yang memastikan.

7. Melawan Kanker

Walaupun banyak yang menentang mengenai khasiat cengkeh melawan kanker, namun penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan saluran pencernaan.

8. Mencegah Inflamasi (Radang)

Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengleh. Hal ini sangat baik karena memiliki sifat anti inflamasi dan dapat bermanfaat bagi pasien rematik. Cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.

9. Pengusir Nyamuk

Banyak yang tidak mengetahui jika cengkeh mampu digunakan untuk mengusir nyamuk. sangat baik untuk digunakan di tempat-tempat penyebab malaria, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang ditularkan nyamuk.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cengkeh juga diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan.

11. Menghitamkan alis mata

Cara membuat dan Menggunakan :
5-7 biji bunga cengkeh kering dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak kemiri secukupnya. Oleskan pada alis mata setiap sore hari.

12. Mengobati Campak

Cara membuat dan Menggunakan :
10 Biji bunga cengkeh direndam air masak semalam kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Lalu diminum sedikit demi sedikit secara teratur.

13. Menambah Denyut Jantung

Cara membuat dan Menggunakan :
Bunga cengkeh yang sudah kering, dikunyah disesap airnya, dilakukan setiap hari. Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.

14. Mengatasi sakit gigi

Cara membuat dan Menggunakan :
Gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang telah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampai halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan dua kali sehari.

15. Menghilangkan bau mulut

Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh dicuci lalu di$eduh dengan 200 cc air pana$, diamkan $elama lima menit. Kemudian, di$aring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan $etiap hari secara rutin.

16. Mengatasi sinusitis

Cara membuat dan Menggunakan :
Cengkeh secukupnya dikeringkan, digiling sampai menjadi bubuk, lalu ditiupkan ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupnya.

17. Sebagai obat mual

Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa, dan gula aren secukupnya direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Kemudian ramuan disaring dan diminum selagi hangat untuk dua kali sehari, setiap kali minum sebanyak 100 cc.

18. Mengatasi kembung

Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh diseduh dengan air panas lalu diminum sebagai teh. Atau, 5 sampai 10 butir cengkeh dimasukkan pada buah pir yang dilubangi dan dibungkus dengna kertas aluminium foil lalu dibakar hingga matang. setelah matang, cengkehnya dibuang dan pirnya dimakan.

19. Obat masuk angin

Cara membuat dan Menggunakan :
10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas, tambahkan madu secukupnya, diaduk sampai merata lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

20. Obat sakit kepala

Cara membuat dan Menggunakan :
5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir merica dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum.

21. Mengatasi radang lambung

Cara membuat dan Menggunakan : 
5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir kapulaga, 15 gram kulit jeruk mandarin, 150 gram lobak, labu parang secukupnya, direbus dengan 1000 cc air panas kemudian diminum.

22. Obat batuk

Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, dan gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring lalu diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 200 cc.

Sumber Family Herbal

COMMENTS