5 Bahan Utama Pembuatan Kaca

5 Bahan Utama Pembuatan Kaca

NAGASWARAFM - Tak banyak yang tahu apa saja bahan-bahan utama pembuatan kaca yang kita kenal sehari-hari, kaca sudah menjadi barang yang sangat berman

Asal Mula Bajaj Masuk Ke DKI Jakarta
Zara Zettira Pre Production Film Loe Gue End
Auto Approve DoFollow Blog High PR

NAGASWARAFM – Tak banyak yang tahu apa saja bahan-bahan utama pembuatan kaca yang kita kenal sehari-hari, kaca sudah menjadi barang yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan era modern, Lemari ada kacanya, rumah juga menggunakan kaca. Akhirnya kaca tak bisa dipisahkan dari kehidupan modern.

Dibawah ini adalah beberapa bahan utama pembuatan kaca.

1. Pasir

bahan-pembuat-kaca

Foto Via : bhinekasejati.blogspot.com

Dalam pembuatan bahn dasar kaca, pasir yang digunakan haruslah pasir kuarsa yang hampir murni. Maka dari itu, lokasi berdirinya pabrik kaca pada umumnya ditentukan oleh lokasi endapan pasir kaca tersebut.

Kandungan besi dalam pasir ini tak boleh melebihi 0,45% untuk gelas pecah belah, sedangkan untuk kaca optic 0,0015%. Hal ini dikarenakan kandungan besi tersebut bersifat merusak warna kaca pada umumnya.

2. Feldspar

bahan-pembuat-kaca

Foto Via : www.ecplaza.net

Rumus umum feldspar adalah R2O.1I2O3.6SiO2, dimana R2O bisa berupa Na2O atau K2O atau dari campuran keduanya. Feldspar sebagai sumber AI2O3 mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan dengan produk lain, selain karena murah, produknya murni dan bisa dengan mudah dilebur.

Seluruh feldspar terdiri dari oksida pembentuk kaca. Sedangkan AI2O3 sendiri digunakan hanya jika biaya tak merupakan masalah. Feldspar juga sumber Na2O atau K2O serta SiO2. Kandungan alumuniumnya mampu menurunkan titik cair kaca dan juga memperlambat terjadinya devirtifikasi.

3. Borax

bahan-pembuat-kaca

Foto via : bisakimia.com

Borax atau atau disebut juga Natrium Tetraborate adalah bahan campuran yang menambahkan Na2O serta boron oksida pada kaca. Walaupun tidak sering digunakan dalam kaca jendela maupun kaca lembaran, natrium tetraborate saat ini sering digunakan pada berbagai jenis kaca pengemas. Kaca ini juga biasa digunakan untuk kaca optic. Selain karena daya fluksnya yang kuat, borax tidak hanya bersifat menurunkan koefisien ekspansi namun juga meningkatkan ketahanan terhadap aksi kimia pada kaca.

4. Kerak Garam

bisakimia.com

Foto Via : bisakimia.com

Kerak garam (salt cake), telah begitu lama digunakan sebagai campuran bahan tambahan dalam pembuatan kaca, demikian juga dengan beberapa sulfat lain. Kerak garam disinyalir mampu membersihkan buih yang mengganggu di tanur tangki.

Kalium nitrat maupun karbonat pun dipakai pada berbagai jenis kaca seperti kaca meja, kaca dekorasi dan kaca optik.

5. Kulet (Cullet)

bahan-pembuat-kaca

Via : www.recyclechina.com

Kulet (cullet) adalah pecahan kaca yang dikumpulkan kembali dari berbagai macam barang yang rusak, pecah beling dan berbagai kaca limbah. Bahan ini bisa dipakai 10% atau bahkan hingga 80% dari muatan bahan baku.

6. Blok Refraktori

bahan-pembuat-kaca

Via : id.aliexpress.com

Blok refraktori adalah bahan untuk mencetak kaca, blok ini biasanya berbentuk pasir yang kemudian dicetak sesuai kebutuhan.

Sumber : Satujam

COMMENTS