5 Manfaat Penting Ramuan Beras Kencur Untuk Kesehatan Tubuh Kita

5 Manfaat Penting Ramuan Beras Kencur Untuk Kesehatan Tubuh Kita

NAGASWARAFM, Kencur atau juga disebut Kaempferia Galanga, merupakan salah satu jenis tanaman obat yang masuk kedalam jenis temu – temuan. Kencur sendi

NAGASWARAFM, Kencur atau juga disebut Kaempferia Galanga, merupakan salah satu jenis tanaman obat yang masuk kedalam jenis temu – temuan. Kencur sendiri berasal dari bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, tapi di berbagai tempat kencur memiliki nama yang berbeda – beda : cikur (bahasa Sunda), ceuko (bahasa Aceh), kaciwer (bahasa Karo), kencor (bahasa Madura), cekuh (bahasa bali), sekuh atau sekur (bahasa Sasak), cekir (bahasa Sumba), asauli, sauleh, soul, umpa (bahasa Maluku),kecur, sukung (bahasa Melayu Manado). Nama lain kencur adalah cekur dari Malaysia, pro hom dari Thailand.
Tanaman kencur tumbuh tergeletak diatas permukaan tanah. Memiliki beberapa helaian daun saja tidak lebih dari 2 sampai 3 lembar daun jarang sekali memiliki 5 helaian daun. Berbunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga biasanya berjumlah antara 4 sampai 12 buah,  bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan putih lebih dominan, daging buahnya lunak tidak berserat, berwarna putih, kulitnya berwarna coklat dan rimpangnya memiliki aroma spesifik.
Ternyata kencur itu berasal dari India dan kemudian tanaman kencur ini dibudidayakan secara luas mulai dari Nusantara hingga Maluku, Asia Tenggara, Cina Selatan, dan kemungkinan diintroduksi ke Australia Utara.  Hampir seluruh tanaman dan rempah – rempah  di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk obat herbal termasuk juga kencur.
Banyak ragam masakan tradisional dari Indonesia dan jamu sering memanfaatkan kencur dalam resepnya. Kencur biasanya dipakai orang sebagai tonikum yang berkhasiat sebagai penambah nafsu makan yang diberikan pada anak – anak. Selain kencurnya yang bisa di makan ternyata daunya pun enak buat lalapan.
Kenapa kok kencur banyak dibuat untuk obat tradisional atau herbal, karena kencur memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan yang terdapat pada kencur adalah :

• Mineral (13,73%)
• Gom
• Pati (4,14%)
• Minyak – minyak atrisi (0,02%). Itu berupa alkaloid, asam anisat, asam metal dan penta dekaan, asam sinamat,borneol, etil esterka, kamphene, paraeumarin,dan sineol.

Cara Membuat Beras Kencur :

Bahan bahan Resep Jamu Beras Kencur

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah beras kurang lebih sebanyak 200 gram. Gunakan beras yang putih bersih dan tidak beraroma.
  2. Tumbuhan akar rimpang Kencur yang berukuran sedang besar sepanjang kurang lebih 6 jari orang dewasa.
  3. Rimpang Kunyit yang berukuran sedang kecil sepanjang 2 jari orang dewasa. Cuci bersih sebelum digunakan.
  4. Asam Jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  5. Gula Jawa kurang lebih sebanyak 240-260 gram.
  6. Jahe lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanjang 2 jari orang dewasa. Cuci bersih sebelum digunakan.
  7. Daun Pandan segar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  8. Buah Jeruk nipis ukuran sedang besar sebanyak 2 buah saja. Belah menjadi beberapa bagian dan ambil air perasan jeruknya.
  9. Garam dapur beryodium dan air bersih matang secukupnya.
  10. Gula pasir secukupnya apabila dibutuhkan.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam 200 gram beras yang sudah dipersiapkan dengan air bersih selama kurang lebih 3 jam.
  2. Ambil panci buat rebusan. Masukkan kurang lebih 6 gelas air bersih ke dalamnya dan hidupkan kompor dengan api sedang.
  3. Masukkan jahe, asam jawa, daun pandan, kencur, kunyit dan gula jawa ke dalam pancinya. Aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata dan sempurna.
  4. Aduk aduk lagi dan tunggu sampai air rendaman mendidih lalu matikan. Saring air rendaman dengan saringan supaya ampas daun pandan, kunyit, kencur dan jahenya terpisah dari airnya.
  5. Ambil ampas atau rendaman jahe dan kunyitnya. Tumbuk halus bersama kencur dan beras yang tadi sudah direndam dengan air selama kurang lebih 3 jam. Tumbuk semua bahan tersebut sampai benar benar halus.
  6. Letakkan tumbukan bahan bahan di atas diatas saringan. Siram dengan air rebusan rendaman dari panci pertama supaya rasa dan aroma beras kencurnya lebih terasa.
  7. Masukkan air jeruk nipis yang sudah diperas ke dalam air siraman di atas. Tambahkan garam secukupnya (sedikit saja).
  8. Cicipi dulu sebelum dihidangkan. Kalau dirasa kurang manis, teman teman bisa menambahkan gula pasir secukupnya.

Ini dia manfaatnya :

1. Menambah Nafsu Makan

Kencur mempunyai kandungan minyak atsiri yang bersifat carminative yang bisa menambah nafsu makan

2. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Ternyata kencur mampu meningkatkan aliran empedu, sedangkan cairan empedu untuk melancarkan penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, maka rajin-rajinlah menkonsumsi ramuan atau jamu beras kencur.

3. Memelihara Kesehatan Tubuh

Kencur juga mengandung banyak antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu dapat melawan berbagai macam penyakit yang ingin masuk kedalam tubuh, serta memelihara kesehatan tubuh.

4. Bisa Melangsingkan Tubuh

Tanaman kencur ini secara alami dapat digunakan sebagai obat pelangsing tubuh. Karena kandungan yang terdapat dalam kencur bisa membakar lemak dalam tubuh secara efektif.
Caranya kita bisa mengkonsumsi kencur melalui ramuan beras kencur.

5. Mengurangi Radang Sendi

Tanaman kencur memiliki kandungan kurkumin fungsinya sebagai anti radang yang sama dengan fenilbutazon 100 miligram yang dapat mengurangi nyeri sendi dan radang pada sendi. Untuk yang menderita nyeri sendi ataupun radang sendi. Caranya dapat mengkonsumsi jamu beras kencur.

Berbagai Sumber

COMMENTS