Alas Roban Rilis Manusia Berhati Dua

Alas Roban Rilis Manusia Berhati Dua

Alas Roban Rilis Manusia Berhati Dua. Inilah salah satu band rock terbaik di Indonesia yang berada di bawah NAGASWARA. Setelah merilis single “Merah P

STARLIGHT single Teman Biasa
Nagaswara Million Star Episode 7
Pemilihan Bintang Radio 2011 Tingkat Nasional dan Asean

Alas Roban Rilis Manusia Berhati Dua. Inilah salah satu band rock terbaik di Indonesia yang berada di bawah NAGASWARA. Setelah merilis single “Merah Putih” beberapa waktu yang lalu, tahun 2011 ini Alas Roban kembali menjumpai penggemar mereka lewat single “Manusia Berhati Dua”. Meski masih berada di garis progressive rock, single “Manusia Berhati Dua” terasa lebih easy listening. Mudah ditebak, berada di bawah sebuah label besar, Alas Roban harus kompromi dengan pasar. Ini juga berarti, band yang sempat memakai nama Log Guns ini makin membuka diri untuk pendengar yang lebih luas.

“Alas Roban tidak pernah berubah. Kita hanya ingin musik kita bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat,” kata Andrean, lead gitar Alas Roban.

Lantas apa makna “Manusia Berhati Dua” di mata para personil band ini? Menurut Andrean, single ini sangat universal. Artinya, di sisi dunia yang mana pun selalu lahir manusia-manusia berhati dua. Ini juga menjadi semacam kritik sosial dan politik dari Alas Roban. Manusia berhati dua, lanjut Andrean, adalah mereka yang berjiwa pengecut sekaligus hipokrit.

“Kita hanya mencoba memotret keadaan lewat lagu,” jelas Choky, sang vokalis.

Sama halnya dengan sejumlah band rock besar lainnya di Tanah Air, Alas Roban juga sudah meniti karier profesional mereka lebih dari satu dasawarsa. Band ini resmi didirikan oleh formasi pertamanya di tahun 2000. Alas Roban dipilih sebagai nama band mereka dengan pertimbangan bahwa nama tersebut merupakan sebuah nama tempat legenda sekaligus menyeramkan di kawasan Jawa Tengah. Pendek kata, para personil band ini berharap agar Alas Roban bisa menjadi legenda musik Indonesia seperti nama tempatnya.

Anak-anak Bandung, Jawa Barat ini pernah menyabet berbagai penghargaan dari panggung musik rock, di antaranya meraih Runner-Up di Festival Asian Beat Singapore, serta “The Best Vocalist”, “The Best Drummer”, dan “The Best Guitar” lewat ajang yang sama.

Ajang ini pula yang  kemudian mengantar mereka ke sebuah festival rock di Inggris. Berhadapan dengan ratusan peserta dari seluruh dunia, Alas Roban kembali menyabet Runner-Up. Di bulan Maret 2008, Alas Roban sempat menjadi bintang tamu yang mendampingi konser keliling band manca negara Skid Row di sejumlah kota di Pulau Jawa. Saat ini, Alas Roban beranggotakan Choky (vokal), Andrean (lead guitar), Deny (bas), dan Freddy (drum). Andrean adalah satu-satunya personil Alas Roban yang masih bertahan sejak band ini berdiri.

Sempat diasuh oleh promoter rock Log Zelebor, Alas Roban pun berganti nama menjadi Log Guns. Jika dibandingkan dengan Alas Roban, Log Guns hadir tanpa kompromi lewat raungan musik yang hingar bingar. Saat ini, Alas Roban tampil lebih “lembut” lewat vokal dan artikulasi jelas, serta distorsi yang lebih ringan.

“Kita berharap musik rock dapat lebih diapresiasi. Untuk itu, kita selalu berusaha menyajikan musik yang nyaman di telinga siapa saja,” kata Choky. (PR)

COMMENTS