D’Almarhoem “Sanggupkah”

Semangat pop rock era 90-an D’Almarhoem, nyata masih menginspirasi generasi sesudahnya. Bahkan hingga kini, banyak lagu-lagu pop rock di paruh tahun i

Semangat pop rock era 90-an D’Almarhoem, nyata masih menginspirasi generasi sesudahnya. Bahkan hingga kini, banyak lagu-lagu pop rock di paruh tahun itu didaur ulang  (recycle) oleh sejumlah penyanyi atau band. Salah satunya adalah single “Sanggupkah” milik mendiang Andy Liany yang pernah populer di tahun 1992.  Single yang melambungkan nama Andy Liany itu, didaur ulang oleh band asal Bandung, Jawa Barat bernama D’Almarhoem. Jangan terkejut dengan nama band ini. Meski namanya terdengar sangar, para personilnya tampil kelimis dengan busana ala rocker. Dan sesuai dengan nama bandnya, mereka sepakat untuk membawakan kembali lagu-lagu penyanyi yang sudah almarhum.

“Banyak lagu-lagu mereka yang bagus dan masih bisa dinikmati generasi sekarang. Karena penyanyinya sudah almarhum, kita sepakat untuk menyanyikan ulang lagu-lagu hits tersebut,” kata Nocan, vokalis band itu.

Lantas, seperti apa single “Sanggupkah” di tangan anak-anak muda D’Amarhoem? Jika lewat Andy Liany lagu ini mengalir dalam tempo lambat dan terbawa harmoni keyboard, maka D’Almarhoem justru menyajikan dalam beat-beat cepat dan sangat terikat pada ketukan drum dan raungan gitar listrik. Vokal Nocan yang serak pun turut memberi rasa lain pada single ini. Boleh jadi, inilah gaya rock generasi sekarang yang  lebih dinamis  agar lebih mudah diterima penggemar.

Pencitraan musikalitas D’Almarhoem tidak lepas dari peran mentor sekaligus Music Director mereka, yakni Nico Hermanto atau lebih dikenal dengan panggilan Nico “Emen”. Di tangan Nico, band ini dipoles dan menemukan karakternya. Kebersamaan Nico dan awak D’Almarhoem tidak membutuhkan waktu lama. Pasalnya, personil D’Almarhoem yakni Nocan (vokal), Ronie (bas),  Roeding (drum), Uge (gitar) dan Vicky (keyboard) juga sangat menyukai lagu-lagu pop rock tahun 90-an. Di mata Nico, para personil D’Amarhoem memiliki 5 hal mendasar yang selama ini ia cari.

“Saya butuh yang fokus dan punya totalitas. Dan mereka punya good song, good performance, good skill, good attitude¸dan kompak,” ujar Nico yang  menciptakan lagu “Emen” buat rocker cewek Yosie Lucky di tahun 1993.

Selain membawakan single “Sanggupkah”, D’Almarhoem juga telah merekam single “Anak Pantai” milik mendiang Imanez. Video klip dua lagu ini pun telah diselesaikan di Bandung, dengan melibatkan dua bintang cantik, yakni Arumi Bachsin dan Donita.

“Semoga lagu ini bisa diterima semua generasi. Band ini kita bentuk, termasuk pemilihan lagu yang ada merupakan penghormatan atas karya-karya berbakat musisi kita yang sudah wafat,” urai Nocan. *** PR Nagaswara. D’Almarhoem.

D’Almarhoem “Sanggupkah”

D’Almarhoem “Sanggupkah”

D’Almarhoem “Sanggupkah”

COMMENTS