D’Alfa Band Single Religi Ku Ingin Pulang

D’Alfa Band Single Religi Ku Ingin Pulang

D’Alfa Band terbentuk Bulan November 2005. Keenam personilnya mampu menciptakan satu kesatuan karya yang indah untuk dinikmati pecinta musik.D’A

D’Alfa Band terbentuk Bulan November 2005. Keenam personilnya mampu menciptakan satu kesatuan karya yang indah untuk dinikmati pecinta musik.

D’Alfa sendiri diambil dari Bahasa Yunani yang artinya satu. “Kami berharap band kami, bisa jadi band nomor satu nantinya,” ujar Akbar, pria kelahiran Makassar, 31 Juli 1981.

Di Makassar, nama D’Alfa Band sudah sangat terkenal. Lagu berjudul Pergi dan Ungkapan Hati yang mereka bawakan sudah wira-wiri masuk tangga lagu radio Kota Daeng itu.

D’Alfa sebelumnya digawangi oleh 6 pria lajang; Akbar pada vocal, Rachmat Hanafie alias Mamat pada gitar, M. Ilyas Kadir alias Illa pada gitar, Irawan Kurniawan alias Wawan pada keyboard & synth, Jaya Langkara atauJaya pada bass, dan Umar Gunawan atau Umar pada drum. Kini mereka tinggal bertiga yakni, Akbar (Vocal), Mamat (Gitar), dan Jaya pada Bass.

“Karena suatu hal, kami terpaksa bermetamorfosis menjadi tiga orang, yang tentu saja lebih solid dan berkomitemen setia,” ujar Akbar.

Karir mereka diawali dengan penampilan di sebuah acara ulang tahun media lokal. Tepatnya, akhir Tahun 2008 lalu aksi panggung D’Alfa “dilirik” boss perusahaan rekaman. Beberapa hari setelah itu, mereka mengirimkan demo lagu-lagu mereka ke Jakarta.

Sebulan kemudian, mereka dihubungi oleh Bapak Rahayu Kertawiguna, boss rekaman dari label Nagaswara. Keesokan harinya, personil D’Alfa langsung terbang ke Jakarta.

“Kami jemput bola, kan kesempatan tidak datang dua kali. Tapi Alhamdulillah pertemuan di Jakarta, membuahkan hasil yang baik. Sekarang ini dapat dipastikan kami siap melangkah menembus panggung hiburan musik Indonesia,” cerita Mamat, gitaris D’Alfa.

“Sementara ini, album belum akan dilempar ke pasaran. Langkah awal, kami rilis single Pergi featuring Hendry Lamiri. Jika hasilnya memuaskan, album perdana kami akan segera edar,” imbuh Jaya.

Setelah sempat mengeluarkan single perdana “PERGI” saat ini mereka kembali meluncurkan single religi “KU INGIN PULANG” second single dengan judul CINTA SAMPAI MATI yang akan direlease dan sudah iring di radio-radio seluruh tanah air.

Dengan perjuangan keras dan gonta ganti personel, group ini tetap menunjukan eksistensinya dengan terus menciptakan karya- karya terbaiknya.

D’Alfa sendiri sebenarnya sudah mempersiapkan 10 lagu andalan. Tetapi demi pertimbangan bisnis akhirnya hanya satu yang diluncurkan sebagai strategi pasar jika lagu ini bisa diterima pasar musik tanah air baru akan ada rencana untuk merilis satu album penuh.

Masih dengan tema cinta yang selalu menjadi sumber inspirasi yang tak akan pernah habis untukdimaknai tanpa mengesampingkan kehidupan sosial budaya, religi, serta lingkungan. Yang menarik dari band ini yaitu sang vokalis Akbar yang sempat ingin menjadi caleg namun lebih memilih menjadi musisi.

“Kami berharap band kami, menjadi nomer satu yang pertama di kancah musik di tanah air bahkan di mancanegara sekalipun,” ujar Akbar.

Memanglah tidak berlebihan jika band ini mempunyai cita-cita menjadi band nomer satu karena sesuai dengan nama D’Alfa sendiri yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya ‘satu’ atau pertama.

Hebatnya D’Alfa dari tahun 2009 sudah mendapat tempat di hati para penikmat musik di kotanya sendiri yaitu di Makassar lewat lagu “Pergi” dan “Ungkapan Hati, bahkan Persatuan Artis dan Penyanyi Pencipta lagu dan penata musik rekaman (PAPPRI) telah memberikan sertifikat penghargaannya buat D’Alfa.

Dengan irama pop kreatif, dan vokal seorang Qori pembaca Ayat suci Al-Qur’an, D’Alfa Band Makassar mempunyai potensi untuk menjadi band besar di kancah musik Indonesia. D’Alfa. Naskah Kim Sadewa/ foto: istimewa

COMMENTS