Darimanakah Asal Kue di Nusantara ?

Darimanakah Asal Kue di Nusantara ?

Kue adalah makanan ringan atau istilah lainya adalah kudapan yang artinya kue bukanlah makanan utama. Kue yang sering kita rasakan biasanya bercita ra

Kue adalah makanan ringan atau istilah lainya adalah kudapan yang artinya kue bukanlah makanan utama. Kue yang sering kita rasakan biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, Baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.

Untuk kue tradisional Nusantara lazim ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda tentu karena melalui hubungan sejarah panjang dengan Indonesia.

Asal kata “kue” ternyata berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni masak – memasak ala Tionghoa di Nusantara, beberapa kue yang kita temukan memang menunjukkan asal mulanya dari China seperti bakpia atau juga bapao. Dan kebanyakan kue basah adalah khas kue tradisional Nusantara, sementara untuk lapis legit, risoles, pastel dan panekuk adalah kue ala Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Pada awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi kini dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah meluas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan, termasuk untuk menyebut kue kering (Bahasa Inggris:cookie), kue pastri (Bahasa Inggris:pastry), dan kue tart atau bolu (Bahasa Inggris:cake). (Wikipedia)

Kue biasanya bisa di temukan dengan cara dimasak secara dkukus di goreng atau bahkan di sangrai.

COMMENTS