Elias Howe Sang Penemu Mesin JahitImage via Okezone.com

Elias Howe Sang Penemu Mesin Jahit

Elias Howe adalah seorang penemu asal Amerika Serikat, yang lahir pada tanggal 9 Juli 1819, Spencer, Mass., AS — meninggal 3 Oktober 1867, Brooklyn, N

Elias Howe adalah seorang penemu asal Amerika Serikat, yang lahir pada tanggal 9 Juli 1819, Spencer, Mass., AS — meninggal 3 Oktober 1867, Brooklyn, New York.

Dilansir dari britannica.com Selama kurang lebih 5 tahun Howe menghabiskan luangnya untuk mengembangkan Mesin Jahit yang praktis, dan pada tahun 1846 dia mendapatkan hak patent di Amerika Serikat, namun sedikit yang melirik keberhasilannya.

Penemuan Howe saat itu kurang di apresiasi dan akhirnya menjual patentnya di inggris, kemudian dia menjadi buruh dengan gaji karyawan biasa dengan tugas menyempurnakan mesinnya supaya bisa menjahit kulit dan bahan-bahan serupa.

Ketika kondisi keuangannya hancur dia mengirimkan keluarganya ke Amerika kemudian kehidupan belum memihak pada dirinya Howe bersama keluarga hidup dalam kemisikinan.

Sekembalinya Howe dari Inggris, ia memukan beberapa produsen sedang gencar membuat mesin jahit. Hal tersebut membuat Howe merasa ini telah melanggar hak patennya.

Akhirnya dalam sebuah tuntutan hukum yang berlangsung dari tahun 1849-1854 Howe memperoleh biaya lisensi untuk setiap mesin yang diproduksi oleh para pesaingnya. Howe menerima royalti sebesar $4.000 per Minggu.

Keberhasilan Howe hanyalah tergantung dari mesin jahit ciptaannya. Di tahun 1850-an mesin jahit menjadi perdagangan utama dan di 1860 sekira 110.000 mesin jahit telah diproduksi.

Pada akhirnya terjadi kenaikan jumlah pakaian siap pakai dan mesin jahit juga diaplikasikan dalam pembuatan sepatu.

COMMENTS