Endank Soekamti di Komik

Endank Soekamti di Komik

Band punk pop asal Jogja, Endank Soekamti adalah salah satu grup band yang begitu kreatif mengaktualisasikan dirinya di dunia hiburan Indonesia. Sejak

Top 40, 04 Juni 2011
The Rich dan Kegiatan Performednya
Wali dan Siti Badriah Meriahkan Luwu Expo 2017

Band punk pop asal Jogja, Endank Soekamti adalah salah satu grup band yang begitu kreatif mengaktualisasikan dirinya di dunia hiburan Indonesia. Sejak bersatus indie selalu rajin melakukan inovasi. Tidak hanya puas dengan membuat merchandise dan clothing, Endank Soekamti serius menggarap saluran radio mayanya sendiri (Soekamti FM), membuat videoklip dengan konsep sekali take tanpa cut, sampai membuat video klip hanya dengan bersenjatakan iphone.

Manajer mereka, Tony Trax, ikut tersetrum arus kreatif trio Endank Soekamti dengan menulis naskah Komik Biografi Endank Soekamti. Komik ini menceritakan perjalanan Endank Soekamti, mulai asal nama mereka, jatuh bangunnya band ini menaklukkan scene PENSI di Pulau Jawa, perjuangan memproduksi karya rekaman, sampai kesuksesan mendapatkan begitu banyak fans fanatik (Kamtis Family) yang tersebar sampai ke Mesir.

Bagi fans hardcore Endank Soekamti (saat ini tercatat 270 ribu fans di Facebook dan terus bertambah) komik ini pas sekali menjawab pertanyaan-pertanyaan trivial mereka tentang Dory, Erix dan Ari. Musisi-musisi muda yang sedang berjuang menembus industri juga bisa belajar dari kiat Endank Soekamti menggalang dana untuk membuat karya rekaman, menyiasati budget produksi, sampai gaya mereka merawat fanbase.

Bila Endank Soekamti versi nyata dikenal sebagai musisi yang mengusung lagu-lagu berlirik kocak, begitu juga dengan versi komiknya. Urutan gambar berisi balon dengan teks celetukan-celetukan kocak memenuhi panel-panel yang digambar secara pas oleh, Gio dan Haryadhi.

“Tujuan membuat komik ini salah satunya ingin memperluas pasar. Bukan membidik penggemar Endank Soekamti lagi, tapi kaum pembaca komik. Bagaimana caranya kaum pembaca komik yang tadinya belum suka, akhirnya jadi suka dengan Endank Soekamti,” kata Tony Trax. www.nagaswaramusic.com

COMMENTS