Forum Diskusi Radio Indonesia

Forum Diskusi Radio Indonesia

Seminar, atau pertemuan besar para pelaku penyiaran RADIO di seluruh INDONESIA baru-baru ini berkumpul dan berdiskusi di Pangrango Hotel, BOGOR - Jawa

Seminar, atau pertemuan besar para pelaku penyiaran RADIO di seluruh INDONESIA baru-baru ini berkumpul dan berdiskusi di Pangrango Hotel, BOGOR – Jawa Barat. Tepatnya pada hari Sabtu, 19 November 2011. Dengan tema Creating Value Managing Competion.

Acara yang sangat berharga ini, diprakarsai oleh para anggota mailist dari Forum Diskusi Radio seluruh Indonesia, yang disingkat dengan FDR. Menjadi FDR4 SUMMIT. SUMMIT itu sendiri adalah sebuah kata khusus dari mereka sebagai pengganti kata SEMINAR. Karena menurut Herru Soleh, Vice President FDR Indonesia, pertemuan ini agak berbeda dengan seminar, karena lebih mendekati konferensi tingkat tinggi.

“Konsep yang dikembangkan adalah unnual event yang dilakukan dari kelompok mailist, yang mereka sebut dengan SUMMIT. Bahasa umumnya, adalah semacam seminar. Hanya saja, disini seperti ada kedekatan emosional, dan persaudaraan yang cukup kental,” papar Herru, yang juga masih menjabat sebagai sekretaris Digital Utama dan Branding Development & Radio Advisor.

SUMMIT yang ke 4 ini, juga mengundang secara istimewa, CEO Nagaswara Rahayu Kertawiguna, untuk memberi pesan dan kesan ketegasan bahwa keberadaan Radio, masih dibutuhkan oleh perusahan besar seperti Label, Bank, dan sebagainya. Demikian juga adanya label, juga sangat dibutuhkan oleh radio, untuk mengisi konten atau program mereka, khususnya update seputar musik.

“Memang saat kita membutuhkan penetrasi musik ke pasar, dibutuhkan radio yang bisa mengangkat rate. Misalnya, saat saya menginginkan lagu WALI untuk menembus pasar. Saya memerlukan radio-radio yang bisa mendukung dan orang bisa mendengarkan,” papar bapak Rahayu Kertawiguna.

SUMMIT sendiri dilaksanakan setahun sekali, dan sekarang adalah tahun yang ke 4 (Empat), bertempat di cabang wilayah (distrik) Bogor Jawa Barat, setelah tahun sebelumnya digelar di Semarang, Jawa Timur.

Kegiatan ini untuk meng-upgrade knowlegde mereka, misalnya mengenai value dari orang-orang radio yang ada. Tujuannya mengikuti SUMMIT FDR ini adalah menjadi pintar dan profesional, agar pelaku radio mempunyai komitmen tinggi terhadap perkembangan radionya. Khususnya bagi owner dan tim marketing radio itu sendiri.

Secara institusi, supaya radio itu memiliki nilai tambah dibanding radio-radio lain. Karena sebuah radio pastinya mempunyai banyak kompetisi. Dan selanjutnya adalah bagaimana menghadapi persaingan atau kompetisi itu? Perlu adanya sebuah ‘managing competition’. Di sinilah, tempat menggali wawasan tentang semua kebutuhan itu. Paling tidak, para pelaku radio, tidak seperti katak dalam tempurung. Karena diakui atau tidak, seringkali kita orang radio tidak memilki standar kwalitas. Kalau ingin pofesional dalam menjaring iklan dan menghidupkan radio itu sendiri, maka ada baiknya bergabung di FDR dengan mengirim email kosong ke praktisiradio@yahoogroups.com

Dengan catatan, berani bikin sinergi, berkreatif membikin program, yang digali bersama teman-teman FDR (Forum Diskusi Radio). Ke depannya, akan dibuat sebuah klinik di dalam forum tersebut, dimana mereka bisa saling curhat mengenai knowlegde seputar radio, dan stakeholder-nya. Forum Diskusi Radio berdiri pada tanggal 27 Nopember 2007. “Ini adalah Forum, tidak ada struktural organisasi, karena semua adalah anggota, yang menjabat satu-satunya adalah president,” terang Herru. www.nagaswaramusic.com/ Kim Sadewa

COMMENTS