Hari Musik Nasional Bersama Menpora

Hari Musik Nasional Bersama Menpora

Pada kongres ketiga tahun 1998 dan keempat tahun 2002, Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) mengusulk

National Singing Contest
Jiseph & Tarra TreeJi, Rayakan Ultah Di Dahsyat RCTI
Musik, Teknologi dan Revolusi

Hari Musik Nasional Bersama MenporaPada kongres ketiga tahun 1998 dan keempat tahun 2002, Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) mengusulkan kepada pemerintah untuk menetapkan Hari Musik Nasional. Usulan tersebut kemudian disambut positif oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden Indonesia saat itu, dengan mencanangkan Hari Musik Nasional di Istana Negara Jakarta pada 10 Maret 2003. Pencanangan itu ditandai dengan pemencetan tombol situs resmi PAPPRI.
Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Indonesia setelah Megawati, kemudian menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional melalui Keppres No. 10 Tahun 2013. Penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional karena merupakan hari lahir Wage Rudolf Supratman, penggubah Lagu Kebangsaan Indonesia.

Sekedar kilas balik, pencanangan Hari Musik Nasional digagas dari keprihatinan musisi nasional atas maraknya pembajakan yang dilakukan terhadap karya mereka. Pembajakan di Indonesia sendiri sudah sangat memprihatinkan dengan angka yang di luar dugaan. Di tahun 2003, penjualan karya musisi turun drastis hingga tersisa 20%, sementara pembajakan naik hingga 600%. Waktu itu, Indonesia bahkan telah ‘berhasil’ menduduki peringkat pertama negara yang melakukan pembajakan di seluruh dunia. Gosh…!!

Dari situlah Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) merasa harus melakukan sesuatu. Industri yang seharusnya menjadi jembatan antara karya dan ‘penghargaan’ yang layak diterima musisi serasa dicederai. Pembajakan yang merajalela sudah patut untuk dikurangi – jika memang mustahil dibinasakan.

Hari ini Rabu (09/03) bertempat di Rolling Stones Cafe, Jl Ampera, Jakarta Selatan, tepat pukul 114.00 WIB, menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi akan memperingati HARI MUSIK NASIONAL. Acara akan didukung sejumlah artis ternama dari NAGASWARA diantaranya: Andrigo,Arya Mohen,Bayu Zivilia,Baby Sexyola,Bebizie,Dewi Luna,Dadido Band,KK Band,Hot Tea,Lynda Moy,Jaluz Band,Monica Selvia,Neng Oshin,Regina,Ratu Idola,Susi Legit,Vivien Vania,Uci Sucita,Retweet Band,Risca Molen,Oliv dan Gladys. www.nagaswara.co.id/tim nmc

COMMENTS