Hari Radio Dunia, Hari Spesial Untuk Radio seDunia

Hari Radio Dunia, Hari Spesial Untuk Radio seDunia

Hampir setiap orang lho tiap hari berhubungan dengan radio. Masasih ? mungkin itu salah satu perkataan akan timbul dari pembaca artikel ini. Di mobil

Melinda Kurusin Badan
Perjalanan Manusia Paling Extreme
Zaskia Menggemuk, Bantah Hamil

Hari Radio Dunia, Hari Spesial Untuk RadioHampir setiap orang lho tiap hari berhubungan dengan radio. Masasih ? mungkin itu salah satu perkataan akan timbul dari pembaca artikel ini. Di mobil ada radio, di satelit ada radio, di semua HP ada radionya, di internet apalagi berjuta radio internet yang bisa kita dengarkan di seluruh penjuru dunia.

Radio bisa dibilang salah satu media elektronik yang bisa menghibur kita dimanapun, kapanpun dan dimanapun kita berada, selain hiburan dapat, informasi dapat, pengetahuan dapat bahkan juga teman baru atau kenalan baru bisa juga didapat melalui radio.

Hari Radio Dunia seDunia

Setiap 13 Februari dari tahun 2012 ditetapkan sebagai Hari Radio se-Dunia (World Radio Day). Peringatan Hari Radio Se-Dunia ini baru diputuskan oleh Badan PBB untuk pendidikan, organisasi dan kebudayaan, UNESCO. UNESCO mengumumkan hal tersebut melalui siaran persnya “Transformational Power of Radio“, sesuai sidang umum yang ke-36 pada 3 November 2011 lalu, dan akhirnya tanggal 13 Februari dipilih sebagai hari peringatan Radio sedunia.

Ide awal tercetusnya Hari Radio Sedunia ini berasal dari Spanish Academy of Radio empat tahun yang lalu, oleh karena itu, Delegasi tetap Spanyol untuk UNESCO secara resmi mempresentasikan proposal pada Dewan Eksekutif UNESCO sesi 187 pada bulan September 2011, jadi hari ini 13 Februari 2013 merupakan Hari Radio Se-Dunia yang ke-2 setalah diputuskan Badan PBB untuk pendidikan, organisasi dan kebudayaan, UNESCO.

Hari Spesial Untuk Radio seDunia

Radio tidak dipungkiri sampai saat ini merupakan media yang selalu eksis dan selalu mengikuti perkembangan zaman, selain biayanya rendah, menjangkau masyarakat semua kalangan, dari anak anak, pemuda, dewasa bahkan orang lanjut usia masih bisa mendengarkan radio dimanapun dan kapanpun sekaligus radio punya peran yang kuat untuk mengkomunikasikan berbagai informasi darurat ataupun informasi yang sangat mendesak seperti bencana.

Disadari atau tidak hingga saat ini radio walaupun mengalami perubahan konvergensi dengan menyesuaikan kemajuan jaman dari teknologi baru melalui satelit, ponsel, tablet, broadband bahkan internet, tetapi radio konvensional AM/FM/SW dengan perangkat radio biasa masih ada di dunia ini.

AKhirnya penulis cuma berharap dengan adanya 13 Februari sebagai Hari Radio se-Dunia mudah-mudahan dunia radio akan selalu ada ditengah kemajuan tekhnologi yang semakin pesat, bukan cuma bisa didengar dei radio biasa tapi bisa didengar melalui lintas media dengan tidak menghilangkan ciri khas sebuah radio. “Selamat Hari Radio se-Dunia”.  Salam daro orang Radio.

Untuk melihat versi mobile yang dioptimalkan Klik disini.

COMMENTS