Inilah Mouse Komputer Pertama Didunia, Siapakah Penemunya ?Douglas Engelbart Via digitaltrends.com

Inilah Mouse Komputer Pertama Didunia, Siapakah Penemunya ?

Mouse komputer seperti yang kita kenal sekarang diciptakan dan dikembangkan oleh Douglas Engelbart , dengan bantuan Bill English, selama tahun 1960-an

Mouse komputer seperti yang kita kenal sekarang diciptakan dan dikembangkan oleh Douglas Engelbart , dengan bantuan Bill English, selama tahun 1960-an dan dipatenkan pada 17 November 1970 .

Saat membuat mouse, Douglas bekerja di Stanford Research Institute di Menlo Park, California, sebuah think tank yang disponsori oleh Stanford University. Mouse awalnya disebut sebagai “XY Position Indicator for a Display System” dan pertama kali digunakan dengan sistem komputer Xerox Alto pada tahun 1973. Menggunakan mouse, Douglas mampu mendemonstrasikan memindahkan kursor mouse pada komputer Alto di The Mother dari Semua Demo . Namun, karena tidak berhasil, mouse yang pertama kali digunakan adalah mouse yang ditemukan di komputer Apple Lisa .

Mouse komputer pertama.

Image Via : www.computerhope.com

Gambar di sebelah kanan diambil oleh Maracin Wichary di Museum Sejarah Alam dan Sains New Mexico dan merupakan contoh dari mouse komputer pertama. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, mouse terbuat dari kayu, jauh lebih besar dari mouse saat ini, ukurannya persegi panjang, dan memiliki tombol kecil di sudut kanan atas.

Saat ini, mouse masih digunakan pada setiap komputer desktop dan telah memengaruhi perangkat input lainnya seperti touchpad pada komputer laptop dan layar sentuh pada smartphone dan tablet .

Mengapa mouse komputer disebut mouse?

Dengan kabel yang keluar dari bagian belakang mouse, Douglas mengatakan alat itu mengingatkannya pada tikus pengerat dan nama itu macet. Jauh lebih mudah diingat daripada Indikator Posisi XY untuk Sistem Display. (sumber : computerhope.com)

COMMENTS