Jangan Anggap Remeh Seledri, Ini dia Manfaat Unggulnya.Foto Via beritadaerah.co.id

Jangan Anggap Remeh Seledri, Ini dia Manfaat Unggulnya.

Manfaat seledri sudah sebagai teman bagi para ibu rumah tangga. Daun seledri sering dijadikan bumbu penyedap rasa pada kuliner berkuah, karena aromany

Manfaat seledri sudah sebagai teman bagi para ibu rumah tangga. Daun seledri sering dijadikan bumbu penyedap rasa pada kuliner berkuah, karena aromanya yang khas dan kuat dan mampu mengeluarkan aroma kuliner hangat. Seledri juga tak jarang dijadikan hiasan buat mempercantik tampilan masakan waktu penyajiannya. Tetapi daun seledri umumnya tak terlalu dipentingkan dalam penggunaannya. Padahal tanaman seledri, sangat baik dikonsumsi karena keuntungannya yang sangat melimpah. Berikut seperti yang di lansir oleh nutrition-and-you.com, Celery nutrition facts, diakses 29 November 2014 :

  1. Seledri adalah tanaman herbal yang sangat rendah kalori. Daun seledri hanya berisi 16 kalori per 100 gram dan mengandung serat non larut , yang bila  dapat menurunkan berat  dan kadar kolesterol dalam darah.
  2. Sumber yang kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten, yang berfungsi sebagai penjaga tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan timbulknya penyakit kanker.
  3. Seledri merupakan sumber vitamin A yang sangat baik.  Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulitm serta kesehatan mata.
  4. Seledri mengandung asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C, yang sangat penting untuk metabolisme yang optimal.
  5. Daun dan biji-bijian mengandung banyak minyak atsiri yang penting mencakup terpen, limonene dan humulene. Namun aroma khas seledri ini disebabkan senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides (butylphthalid dan turunan sedanenolid dihidro-nya) di dalamnya.
  6. Minyak atsiri yang diperoleh dari ekstraksi tanaman seledri banyak digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu pada bagian biji serta akarnya memiliki sifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine), galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan dan sifat tonik.

COMMENTS