Kangen Kampung Halaman ? Kenapa ?

Kangen Kampung Halaman ? Kenapa ?

Sejauh apapun kita berjalan, rumah atau kampung halaman adalah tempat terbaik untuk pulang. Rumah adalah tempat yang akan menerima kepulangan kita dal

Kangen Kampung Halaman ? Kenapa ?Sejauh apapun kita berjalan, rumah atau kampung halaman adalah tempat terbaik untuk pulang. Rumah adalah tempat yang akan menerima kepulangan kita dalam kondisi apapun.

Dalam buku Titik Nol, Agustinus Wibowo juga menyinggung perihal kata “pulang”. Ia yang sudah menjelahi beberapa negara di Timur Tengah justru menemukan apa yang selama ini ia cari saat kembali ke rumah. Bukan di tempat lain.

Maka tidak heran bila rasa rindu sering menghampiri mereka yang sedang berada jauh dari rumah atau kampung halaman. Baik mereka yang pergi untuk bekerja atau sekedar menjelajah untuk beberapa waktu.

Bagi mereka yang mau memaknai, rumah bukan hanya tempat untuk tinggal. Rumah adalah tempat untuk menemukan kehangatan dan kasih sayang. Rumah adalah tempat kita bertumbuh sebagai manusia. Rumah adalah awal dari perjalanan kita mengenal dunia. Untuk kamu yang saat ini sedang berada jauh dari rumah atau kampung halaman, mungkin ada beberapa hal yang membuatmu rindu ingin pulang.

Orang tua

Jelas, orang tua adalah alasan utama bagi siapapun untuk rindu ingin pulang. Saat kita merasa gagal dan patah, orang tua adalah sebaik-sebaiknya tempat untuk kembali di dunia. Mereka adalah orang pertama yang akan menerima kepulangan kita dalam kondisi apapun.
Kemanapun kita pergi, mereka akan senantiasa menerima kepulangan kita dengan rasa rindu yang tak terhingga
“Lights will guide you home and ignite your bones.” Fix You, Coldplay.

Barang-barang masa kecil

Rumah adalah awal dari perjalanan kita sebagai seorang manusia. Saat kita beranjak dewasa dan harus meninggalkan rumah demi mencari tujuan hidup, kita pasti akan meninggalkan beberapa benda berharga yang biasanya menemari hari-hari kita dulu. Termasuk mainan atau benda-benda jadul seperti kaset tape.
Saat kita sedang duduk sendiri, kadang kita teringat tentang benda-benda kesayangan kita di rumah dan kita sangat meingingkan benda itu berada di samping kita saat itu juga.

Kabar teman SD atau SMP

Meskipun kita sudah dapat teman baru, bukan berarti kita melupakan teman lama. Meski sudah tidak sering ketemu, kita setidaknya harus tahu kabar teman kita. Rasa rindu akan kawan lama bisa muncul kapan saja. Masa-masa indah yang pernah dilalui bersama adalah kenangan-kenangan yang tak akan pernah hilang dan senantiasa ada dan mewarnai hari-hari kita.

Tempat biasa kita bermain di waktu kecil

Ada kalanya kita juga akan merindukan tempat-tempat yang biasanya kita gunakan untuk bermain sewaktu kecil. Kadang kita jadi penasaran tentang kondisi terkini tempat tersebut. Apakah masih sama dengan dulu atau sudah berubah.
Wajar, karna tempat tersebut adalah bagian dari perjalanan hidup kita yang sangat panjang. Jika ada waktu, tak salahnya untuk melihat kondisi terkini tempat-tempat yang biasa kita jadikan tempat bermain semasa kecil dulu.

Suasana khas yang tak tergantikan

Suasana di kampung halaman juga bisa menjadi alasan untuk kita merasa rindu. Kampung halaman biasanya menawarkan suasana damai yang sangat memorable. Misalnya, suasana nongkrong di warung kopi yang penuh kesederhanaan namun sarat makna. Atau suasana persawahan yang memberikan perasaaan tenang.
“Jauh sudah ku melangkah, rinduku smakin dalam ke kampung halaman Dengarkanlah, aku ingin pulang” -Kampung Halaman, Endank Soekamti. (Sumber : yukpiknik, Reza Pratama)

COMMENTS