Kota Wisata Kuliner di Indonesia

Kota Wisata Kuliner di Indonesia

Kuliner telah menjadi salah satu identitas Indonesia. Ada ribuan, bahkan puluhan ribu, jenis makanan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Masing

Hesty Klepek Klepek Rilis Single Terbaru Berjudul Daryono
Nixie Band Rilis Single Karna Kamu 19 Juni 2012
Audisi 6STARZ

Kota Wisata Kuliner di Indonesia Kuliner telah menjadi salah satu identitas Indonesia. Ada ribuan, bahkan puluhan ribu, jenis makanan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Masing-masing daerah punya ciri khas masing-masing, terbuat dari aneka bahan yang ditanam di negeri sendiri.

Oleh karena itulah, wisata kuliner seakan tak ada habisnya. detikTravel pada Selasa (28/2/2012) merangkum 6 kota kaya kuliner di Indonesia. Jangan lupa berkunjung ke 6 kota ini untuk mencicipi sendiri kekayaan kuliner sebagai bagian dari budaya.

1. Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

Selain diberkahi oleh sejarah, budaya, dan peninggalan nan menawan dari kerajaan kuno, Yogya juga dikenal sebagai kota kuliner ternama di Jawa Tengah. Kuliner di kota ini punya ciri khas, yaitu rasa yang manis dan gurih yang mendominasi masakannya. Contoh paling mudah adalah gudeg, yang biasa disantap dengan aneka bacem.

Mulai dini hari hingga tengah malam menjelang, Kota Yogya akan siap menyambut Anda dengan keramahan masyarakat dan kuliner lokalnya. Gudeg biasa ditemukan di tiap sudut kota. Selain itu ada pula bakmi Jawa, gulai, tongseng, sate, nasi pecel, hingga sate klathak.

Sate klathak adalah kuliner khas Yogya. Daging sapi atau kambing dibakar dengan bumbu yang minim, dan ditusukkan pada potongan jeruji sepeda. Alih-alih disantap dengan bumbu kecap ataupun kacang, sate klathak disiram dengan kuah gulai. Nyam!

Malam harinya, angkringan yang tersebar di seluruh penjuru kota siap menjadi tempat Anda mengobrol santai dengan teman. Ada bir jawa dan kopi joss yang merupakan minuman khas lokal. Jangan lupa bawa oleh-oleh bakpia, juga aneka jenang, getuk, wajik, dan yangko yang manis dan legit.

2. Medan, Sumatera Utara

Medan adalah kota yang tepat bagi Anda untuk menyantap King of Fruit. Durian!

Di kota ini, durian tak hanya bisa dinikmati sambil duduk santai di pinggir jalan. Durian juga dibuat beragam olahan yang nikmat, salah satunya pancake duren. Memang, bentuknya tidak pipih seperti ‘pancake’ dalam arti harfiah. Makanan ini lebih pada ‘crepes’ yang membungkus sebongkah besar durian tanpa biji. Bila masuk ke lidah, dijamin duriannya langsung lumer dalam mulut!

Jauh sebelum diciptakannya pancake duren, kue yang menjadi ikon Kota Medan adalah bika ambon. Kue ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman dan kerabat. Selain itu, Bolu Meranti juga jadi oleh-oleh yang tak boleh terlewatkan. Merk ‘Meranti’ sendiri telah tersohor hingga mancanegara, menjadikannya salah satu ikon khas Kota Medan.

3. Bandung, Jawa Barat

Ini dia kota yang punya kekayaan kuliner tak terbatas. Jarak yang dekat dari Jakarta menjadikan Kota Bandung sebagai eskapisme akhir pekan. Apalagi, udaranya yang sejuk akan membuat Anda lahap dalam menyantap tiap makanan!

Bandung adalah surganya jajanan. Baso tahu goreng (Batagor), siomay, pisang molen, kue sus, bandrek, bajigur, es goyobod, dan es cendol adalah segelintir di antaranya. Mojang jajaka Bandung yang kreatif biasa menciptakan kreasi kuliner baru. Oleh karena itu, kuliner ala kota kembang ini tak akan ada habisnya!

Selain itu, masih ada soto Bandung, mi kocok, lotek, combro dan misro (oncom di jero dan amis di jero), nasi timbel, sayur asem, peuyeum, cireng (aci digoreng), gepuk, colenak (tape bakar saus kelapa dan gula merah).

Bila berkunjung ke kota ini, jangan lupa bawa oleh-oleh yaitu Brownies Amanda. Sama seperti Meranti, Amanda juga menjadi merk ikon Kota Bandung. Selain itu Anda juga bisa mencicipi kue serabi, baik yang asli (dimakan dengan campuran santan dan gula merah) atau yang telah dikreasikan dengan beragam topping.

Tahukah Anda mengapa Bandung patut dijadikan kota wisata kuliner? Karena tiap jajanan kaki lima, juga makanan gerobak pinggir jalan, semuanya bercitarasa nikmat! Plus, harganya pun terjangkau.

4. Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat

Siapa yang tak kenal masakan Padang? Citarasa kuliner dari wilayah ini bahkan terkenal hingga mancanegara. Rendang masih jadi masakan primadona yang mewakili citarasa kuliner Indonesia. Tak heran, banyak rumah makan Padang yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Filosofinya gampang. Rumah makan Padang adalah ‘warteg’-nya orang Minang. Namun, jika Anda berkunjung ke kota Padang, cobalah cicipi masakan Padang di tanah asalnya. Ada nasi, sate, soto, juga ketupat sayur khas Padang.

Kekayaan kuliner di wilayah ini salah satunya karena jenis yang tak terhingga. Jenis dendeng misalnya, ada dendeng balado dan dendeng batokok. Ada gulai paku, gulai toco, dan gulai tambusu. Ada sate Padang, sate Pariaman, juga sate Padangpanjang. Pokoknya semuanya wajib dicoba!

Beranjak ke dataran yang lebih tinggi yaitu Bukittinggi, Anda bisa mencoba nasi kapau. Di Pasar Atas Bukittinggi, Anda bisa membeli aneka oleh-oleh seperti keripik balado yang bercitarasa pedas. Di pasar ini juga terdapat penjual pisang gapit, yaitu pisang yang dibakar, dipipihkan, dan dimakan dengan kelapa parut dicampur gula merah. Slurp!

5. Bogor, Jawa Barat

Satu lagi eskapisme bagi warga Jakarta dalam menghabiskan akhir pekan. Bogor, selain terkenal dengan udaranya yang sejuk juga pepohonan yang rindang, merupakan sentra kuliner yang tak ada habisnya. Sama halnya seperti Bandung, Bogor juga punya masyarakat yang kreatif dalam menciptakan aneka kuliner baru.

Di kota hujan ini, Anda bisa mencicipi toge goreng yang dijual di banyak tempat. Selain itu ada pula laksa bogor, soto mi, juga asinan dan manisan khas Bogor. Jangan lupa juga cicipi kreasi unik dari masyarakatnya, seperti makaroni panggang, roti unyil, juga eskrim dan serabi duren.

6. Malang, Jawa Timur

Satu lagi kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kulinernya. Ketika mendengar kata ‘Malang’, maka yang tercetus dalam pikiran Anda mungkin adalah ‘bakso’. Benar sekali, kota ini memang terkenal dengan citarasa baksonya yang sangat nikmat. Percayalah, rasanya berbeda dengan ‘bakso malang’ yang Anda temukan di kota-kota lainnya!

Bakso tak hanya dinikmati dengan kuah seperti biasa, tapi juga dibakar. Bakso bakar ini sekarang sudah banyak penggemarnya. Selain bakso, Malang juga terkenal dengan buah apel yang punya citarasa khas. Jauhkan pikiran Anda dari rasa asam yang biasa hinggap di mulut ketika mengicip apel jenis ini. Karena apel malang yang asli, punya citarasa manis dan segar!

Apel Malang bisa dimakan langsung atau dijadikan beragam olahan. Keripik apel misalnya, merupakan buah apel yang dipotong lalu dikeringkan hingga mencapai tekstur renyah. Bahkan setelah jadi keripik pun, citarasa manis apelnya tak hilang!

Selain keripik, apel juga dijadikan beragam olahan seperti jenang dan selai. Bila berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan masakan tahu tek dan cwie mie malang. Malam harinya, semangkuk wedang ronde akan menjadi penutup yang hangat bagi hari Anda. (BerbagaiSumber)

Untuk melihat versi mobile yang dioptimalkan Klik disini.

COMMENTS