Malas Naik Angkutan Umum? Karena?

Malas Naik Angkutan Umum? Karena?

Angkutan umum adalah transportasi massal yang dibuat oleh pemerintah atau pihak swasta yang ditujukan untuk mempermudah orang-orang dalam berpergian j

Cinta Terpendam ? Mengungkapkannya?
Fakta Tentang Hari Senin
Bangun Pagi Malas ? Atasi Yu

Malas Naik Angkutan Umum? Karena?Angkutan umum adalah transportasi massal yang dibuat oleh pemerintah atau pihak swasta yang ditujukan untuk mempermudah orang-orang dalam berpergian jika tidak mempunyai kendaraan pribadi. Berbicara soal angkutan umum, enggak semua orang suka berpergian kemana-mana menggunakan angkutan umum. Banyak alasan dari banyak untuk “ogah” menggunakan angkutan umum. Nah berikut ini gue simpulin beberapa alasan orang malas naik angkutan umum yang lagi lagi versi gue :

1. Ngetem

Satu hal yang belom bisa dicari solusinya dari angkutan umum adalah Ngetem. Begitu lo memijakkan kaki dan naik ke angkutan umum, jangan banyak berharap angkutan umum yang lo naikin langsung jalan ngacir. Kalo keadaannya didalam angkutan umum penuh atau banyak angkutan umum dibekalang yang masih kosong, lo bisa bernafas sedikit lega karena kemungkinannya yang begitu pasti langsung jalan tapi kalo angkutan umum yang lo naikin kosong atau cuma 1 atau 2, tambahkan tingkat kesabaran lo dan banyak banyak lah berdoa. Mau dibilangin kayak apapun atau dengan alasan lo ngejar waktu, para supir angkutan umum pasti ngejawab, “nyari setoran mbak/mas”. Kalo udah begini, lo cuma bisa diem karena lo nyari duit, supir angkutan umum pun juga nyari duit. Jalan satu satunya kalo enggak pindah angkutan umum yang udah penuh atau lo bisa pilih angkutan umum yang bonafit dikit yaitu Taksi/Ojek.

2. Kondisi Angkutan Umumnya Yang Mengenaskan

Sejujurnya tarif angkutan umum sekarang kalo ditotalin udah seharga gue makan sekali kalo pas gue lagi kuliah.Tarif angkutan umum sekarang makin naik seirin dengan semakin naiknya harga bensin dan lagi lagi harus menerima berapapun tarif angkutan umumnya dengan alasan setoran juga ikut naik dan kebutuhan hidup juga naik. Tapi semakin naiknya tarif angkutan umum enggak dibarengi juga dengan naiknya kondisi angkutan umumnya sendiri. Gue sering banget naik angkutan umum yang kondisinya memprihatinkan. Mulai dari bangku tempat duduk yang kropos kropos dan keras di pantat, body angkutan umum yang kadang kalo enggak hati-hati megangnya malah bikin tangan luka sampe ada angkutan umum siluman di malam hari karena lampu mobilnya enggak nyala. Sampe gue pernah liat dibagian supir, kopling sama setirnya gue enggak tau itu dibuatnya dari apa. Yang penting bisa jalan, begitulah mungkin.

3. Enggak Semua Orang Wangi

Ini adalah alasan kenapa gue suka pake masker kalo pas naik angkutan umum, karena “enggak semua orang wangi sewangi diri lo sendiri”. Ini mau enggak mau harus lo maklumi, karena yang naik angkutan umum bukan cuma lo doang dan bau badan bermacam-macam orang kadang enggak sesuai dengan yang kita harapkan.

4. Desak-Desakan

Semakin bagus angkutan umumnya maka peminat yang naik angkutan umum juga akan bertambah. Sebagai contoh angkutan umum milik pemerintah yaitu Transjakarta dan Commuter Line. Transjakarta salah satu angkutan umum yang nyaman. Karena di Transjakarta dalemnya lega, jarak tempat duduk enggak mepet, ada gajlukan lo enggak akan terbang dan adem karena pake AC sementara Commuter Line sekarang sudah nyaman. Enggak ada lagi yang gelantungan, AC nya “Beneran” nyala, tempat duduk nyaman, jadwal kereta yang sudah menentu dan tertib. Keliatan nyaman banget ya, tapi gimana kalo enggak cuma lo doang yang berpikiran demikian? Karena kenyamanan angkutan umum yang ditawarkan pemerintah inilah yang membuat orang-orang ingin mencoba dan akhirnya jadi membludak. Karena membludak inilah yang membuat lo harus terpaksa desak desakan dengan orang lain bahkan bisa sampe mepet banget. Kalo lo punya postur tubuh tinggi, maka lo beruntung karena lo enggak akan kena ketek orang tapi kalo postur tubuh lo kurang tinggi, maka bersiap siaplah lo bakal kena serangan ketek.

5. Tampang Supir Angkutan Umum Yang Nyeremin

Naik angkutan umum jangan pernah ngebayangin muka supirnya seperti Dude Herlino atau Christian Sugiono, percayalah itu cuma ada di FTV. Muka supir angkutan umum yang nyeremin membuat orang-orang kadang malas naik angkutan umum kalo lagi sendiri atau malam hari. Dan dari beberapa pendapat dari orang yang gue tanya terutama cewek, alasan mereka ogah naik angkutan umum itu karena muka supir angkutan umumnya yang serem.

6. Ugal-Ugalan

Angkutan umum bagi sebagian orang identik dengan Ugal ugalan. Gue enggak ngerti kenapa supir angkutan umum kadang suka ngebut sana ngebut sini. Gue juga enggak ngerti mereka punya nyawa berapa. Ugal ugalan itu udah pasti menyangkut soal nyawa. Enggak konsentrasi dikit, telat dikit injek rem atau salah ngendaliin setir, maka Wassalam. Udah banyak cerita soal angkutan umum yang nabrak sana sini dan ada yang memakan korban jiwa, tapi sepertinya ya ugal ugalan ini tetep enggak bisa dihilangin biarpun udah makan korban juga. (Sumber : Jauhann Blog)

COMMENTS