Memilih Teman Sosmed Harus Teliti Agar Tidak Tersakiti

Memilih Teman Sosmed Harus Teliti Agar Tidak Tersakiti

Jejaring sosial atau sosmed yang sudah tidak asing lagi ditelinga semua masyarakat Indoesia, sudah jadi teman hidup yang digemari semua kalangan di se

Nagaswara Dapat Penghargaan dari Perpustakaan Nasional
Galau Lagi Galau Lagi, Jangan Dong!
Nikita Mirzani Pukul Jatuh Vokalis Dadido Band

Jejaring sosial atau sosmed yang sudah tidak asing lagi ditelinga semua masyarakat Indoesia, sudah jadi teman hidup yang digemari semua kalangan di seluruh dunia lho. Dari pertemanan, jualan barang, penyebaran berita ataupun apapun itu terkadang menjadi hal yang dianggap serius dan menjadi kebutuhan pokok, sampai sampai lebih dari 80 persen waktu kita dalam sehari semalam dipenuhi kegiatan untuk sekedar lihat – lihat bahkan obrak – abrik sosial media.

Khusus untuk urusan pertemanan di sosial media terkadang tidak sedikit yang berlanjut ke kehidupan riil, jadi ga heran juga terkadang dari hubungan teman hubungannya lebih serius sampai menikah.

Tapi kadang serem juga kalau denger banyak tindakan kriminal berawal dari pertemanan di sosmed. Pernah mungkin kamu denger adanya penipuan, perampokan, saling serang satu sama lain berawal dari sosial media. Tapi jangan salah juga terkadang sosial media justru menjadi sebuah mata pencaharian saling berbagi kebaikan, saling menolong, saling berbagi ilmu dan juga yang lainnya. Yah yang namanya sebuah alat komunikasi berbalik lagi ke siapa yang menggunakannya, kalau niat baik akan membawa kebaikan, kalau niat jahat justru akan menimbulkan malapetaka.

Kali ini saya akan berbagi tips yang mungkin berguna juga buat teman Radio yang ingin memilih teman lewat jejaring sosial atau sosial media atau sosmed agar terhindar dari sebagian hal yang tidak diinginkan :

1. Berteman di dunia maya seharusnya kamu juga tahu keaslian data yang diberikan oleh teman di sosmed.
2. Kalau mau ketemuan di dunia nyata yah harusnya disebuah tempat yang aman, dirumah ataupun tempat lainnya yang membuat kita aman dan nyaman, karena kita belum tahu sifat asli temen yang baru kenal di sosmed itu.
3. Jangan pernah mudah percaya sama sebuah rayuan, janji atau hal lainnya yang terkadang malah mengundang kecurigaan.
4. Yah kalau sebelum ketemuan sama dia kamu juga harus mencari informasi sebanyak-nbanyaknya tentang dia, karena siapa tahu dia seorang penipu, bisa kelihatan kok dari teman dia di sosmednya atau status-status yang dia pernah bikin di sosmednya.
5. Selain teman atau sahabat kamu yang tahu kalau kamu punya seorang teman baru di sosmed, orang tua kamu seharusnya tahu kalau kamu mau ketemuan dengan dia, atau lebih baik ajak mereka untuk mengawasi pertemuan kamu sama teman kamu di sosmed.
6. Walaupun sesorang kelihatan baik di sosmed, jangan pernah memberikan sesuatu kepada teman sosmed karena siapa tahu malah dia akan menipu dan mencelakakan kamu.
7. Jangan pernah mau diajak jadian jadi seorang pacar misalnya, sebelum kamu tahu dia itu siapa, kehidupan di dunia nyata seperti apa. Yah intinya jangan mudah jatuh cinta deh.
8. Hati-hati dan waspada kepada siapapun itu harus, termasuk ke teman di sosmed. Orang baik yang sering bareng sama kita saja bisa tiba-tiba jadi jahat kan?

Mungkin itu sajasih kayaknya sedikit tips kalau kamu mau cari teman dimanapun itu termasuk di sosmed yah haruslah selektif dan haruslah mencari teman itu di tempat yang baik, membawa kebaikan dan membawa kebenaran untuk menjalani hidup. Kalau ada tips yang lain seputaran memilih teman di sosmed boeh tuangkan di komentar. (VSP)

COMMENTS