Menyusun Lead Berita Radio

Menyusun Lead Berita Radio

Menyusun Lead Berita di Radio. Lead berita atau kalimat pembuka, memegang peranan penting dalam sebuah berita. Kita harus membuat lead yang mampu mena

Menyusun Lead Berita di Radio. Lead berita atau kalimat pembuka, memegang peranan penting dalam sebuah berita. Kita harus membuat lead yang mampu menarik perhatian pendengar, yang mampu membuat mereka untuk mendengarkan berita kita lebih jauh.

Nasib dari berita atau informasi yang kita tawarkan kepada pendengar dalam sebuah radio, sangat tergantung pada segerombolan kata-kata yang membentuk tautan kalimat di awal berita kita. Semakin menarik pemilihan, penggunaan dan penyusunan kata-katanya, peluang berita kita untuk didengar oleh masyarakat akan menjadi semakin besar.

Lead berita haruslah merupakan kalimat terbaik dari seluruh kalimat yang ada dalam sebuah naskah berita. Untuk mendapatkan lead berita yang baik, seorang penulis berita perlu berulang-ulang menulis, menyusun kata-kata dan memperbaiki sampai ditemukan komposisi kata-kata yang terbaik. Jangan lupa untuk selalu menuturkannya agar dapat dirasakan apakah komposisi itu menarik atau tidak.

Untuk membuat lead, kita bisa menanyakan pada diri kita sendiri: “apa yang harus saya katakan untuk menyampaikan informasi ini kepada teman.” Apa yang muncul dibenak kita adalah point dominan dari sebuah peristiwa yang bisa kita gunakan sebagai dasar pembuatan lead berita.

Lead harus ditulis dengan sederhana, tidak rumit, tidak membingungkan, apalagi sampai membuat pendengar kita enggan untuk menyimak. Jangan sekali-kali membuat lead dengan menjabarkan 5W 1H dalam sebuah kalimat awal. Yang perlu kita lakukan, adalah memilih salah 1 dari elemen 5W yang paling menarik. Bisa saja dalam sebuah lead berita kita membahas soal Who-nya, What-nya, Why-nya, When-nya ataupun Where-nya.
Lead’s Do & Don’t

Jangan menjejalkan terlalu banyak informasi dalam lead berita. Seringkali lead panjangnya hanya satu kalimat maksimal 20 kata. Informasi, data ataupun fakta-fakta lain yang tidak terpilih sebagai lead, bisa kita tempatkan dalam isi berita.

Hindari membuat lead berita menggunakan kalimat tanya. Meskipun kadang-kadang penggunaan kalimat tanya bisa efektif jika orisinil dan provokatif, namun perlu diingat bahwa tugas kita adalah memberikan informasi kepada pendengar bukan menanyai mereka.

Jangan meletakkan informasi kunci pada dua atau tiga kata di awal lead berita, agar pendengar tetap tertahan untuk mengetahui pesan apa yang akan kita sampaikan. Namun demikian, jangan pula meletakkan informasi kunci terlalu jauh dibelakang kalimat. Pendengar kemungkinan tidak akan bersabar untuk menunggu kita terlalu lama.

Hindari menggunakan nama / istilah asing yang tidak dikenal pendengar di awal lead. Sebaiknya kita mendahuluinya dengan penjelasan singkat.

Jangan menggunakan anak kalimat dalam membuat lead.

Jangan mengawali lead dengan menyebutkan lokasi. Hal ini akan mengurangi kemampuan pendengar berimajinasi, dan akan menimbulkan pengulangan pengulangan yang tidak perlu.

Hindari mencantumkan angka-angka rumit pada lead, karena angka-angka itu tidak akan berdampak bagi pendengar kita. Selain itu perlu diingat, bahwa setiap kali kita mencantumkan angka-angka harus selalu diikuti dengan penjelasan.

Hindari penggunaan kata “hari ini” pada lead berita. Pendengar sudah mengetahui jika apa yang kita sampaikan adalah kejadian hari ini. Akan menjadi hal yang membosankan jika setiap kali kita menyampaikan berita, selalu diawali dengan hari ini, dan lainnya yang sejenis. Kita bisa menggunakan variasi keterangan waktu misalnya: pagi tadi, nanti malam, satu jam yang lalu, dua jam lagi dan lainnya.

Jangan membuat pendengar menunggu terlalu lama untuk mengetahui dimana lokasi kejadian sebuah peristiwa.

Jika mencantumkan kutipan pernyataan narasumber, kita harus meletakkan si pembuat pernyataan (belum tentu nama) di depan lead. Pembuat pernyataan memiliki arti penting atas pernyataan yang dibuatnya dan mungkin masih bisa diperdebatkan. (Dari Berbagai Sumber)

Menyusun Lead Berita Radio

Menyusun Lead Berita Radio

Menyusun Lead Berita Radio

 

COMMENTS