Patent Dan Zubaedah

Banyak lagu-lagu populer yang terispirasi atau diambil berdasarkan  kisah pribadi penciptanya. Soal yang satu ini, Iwan, vokalis Patent band punya ce

Banyak lagu-lagu populer yang terispirasi atau diambil berdasarkan  kisah pribadi penciptanya. Soal yang satu ini, Iwan, vokalis Patent band punya cerita sendiri. Menurut pemuda berpostur kecil itu, single “Zubaedah” yang kini menjadi nomor terbaru bandnya, adalah rintihan hatinya.
“Hahaha, boleh percaya boleh tidak, lagu itu saya ciptakan hanya 3 jam setelah ditinggal kawin pacar saya,” katanya sambil tertawa.
Iwan mengungkapkan, setahun lalu, saat tengah membuat lagu di Studio NAGASWARA di Jalan Johar 4 U, Menteng, Jakarta Pusat, tiba-tiba ia mendapat telepon dari orang tua kekasihnya yang menetap di Manado, Sulawesi Utara. Isinya, Zubaedah, gadis yang sudah dipacarinya selama 5 tahun terakhir, terpaksa harus dinikahkan dengan pemuda lain.
“Kepergian saya ke Jakarta untuk bermain musik, dianggap tidak memberikan kejelasan apa-apa,” kenang Iwan.
Namun, suasana kalut yang mendadak menyergapnya itu, justru menghadirkan inspirasi untuk membuat lagu yang judulnya persis dengan nama kekasihnya itu, “Zubaedah”. Uniknya, single dengan warna Melayu itu tidak ia sajikan mendayu layaknya orang yang patah hati. Bersama bandnya, Iwan membawakan single ini secara jenaka.
Siapa mengira, setiap kali manggung, single ini menjadi single idola yang selalu diminta penggemar mereka. Di tempat kelahirannya di Manado, nama “Zubaedah” malah dijadikan istilah untuk menyebut seorang cewek cantik yang lagi ditaksir.
Sukses single ini pula yang kemudian membuat NAGASWARA bersiap melepas “Zubaedah” sebagai hits teranyar Patent. Oleh sutradara Virlan Wanalenggong, video klip “Zubaedah” pun dikonsep dengan jalinan cerita yang tak kalah kocaknya. Persis dengan cerita cinta di atas, di ending video klip tersebut, Iwan digambarkan pingsan saat pulang kampung dan melihat pacarnya yang telah berbadan dua.
“Pokoknya ancur deh. Mudah-mudahan bisa dirterima baik penikmat musik Tanah Air,” harap Iwan.
Patent band adalah band asal Nunukan, Kalimantan Timur. Sebelum melepas single “Zubaedah”, band yang diawaki oleh Iwan (vokal), Won’t (keyboard), Dedi (bas), Fadly (drum), dan Naldy (gitar), dikenal lewat single “Curhat Duka Sedih”, yang diambil dari album perdana mereka berjudul sama.***PR

COMMENTS