Puasa ? Kok Lemas ?

Puasa ? Kok Lemas ?

Puasa sudah memasuki hari ke 5 nih temen radio. Pastinya kita harus tetap semangat untuk menjalani puasa kita ini sampai 25 hari kedepan. Tapi pasti k

Lee Hitz Berat Jodoh Karena Fans
Mikki dan Minni Rayakan Ultah Pertama Penuh Suport
Siti Badriah Ngantuk Berat

Puasa sudah memasuki hari ke 5 nih temen radio. Pastinya kita harus tetap semangat untuk menjalani puasa kita ini sampai 25 hari kedepan. Tapi pasti kita akan mengalami saat-saat dimana kita menjalani hari yang berat saat menjalankan puasa. Bareng Yanez n Ruru (5/8/11), kali ini di Temen Ramadhan Sore, mengajak para temen radio untuk bercerita tentang hari keberapa sih biasanya mereka mulai berat atau lemas dalam menjalani puasa ?

Dari beberapa temen radio ada yang mengatakan, bahwa mereka biasanya akan mengalami rasa lemas dan berat di hari pertama. Hal ini wajar terjadi karena tubuh butuh adaptasi, sedangkan puasa itu sendiri berarti kita memaksa tubuh kita untuk terus bekerja tanpa memasok energi dari makanan seperti biasanya. Sehingga setelah melewati hari pertama maka tubuh pun sedikit demi sedikit akan terbiasa dan kita tidak mengalami lemas seperti pada saat di hari pertama berpuasa.

Tapi tidak semua mengalami hari yang berat pada hari pertama puasa. Ada juga yang berat menjalani puasa di saat-saat terakhir bulan ramadhan atau mendekati lebaran. Mereka beralasan karena pada hari itu mereka akan sibuk-sibuknya mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut lebaran, seperti membuat kue-kue, membeli baju lebaran, dll.
Ketika berpuasa, asupan makanan ke dalam tubuh kita akan berkurang dibanding saat kita tidak berpuasa sedangkan energi yang harus dikeluarkan selama beraktivitas masih sama. Kalau sudah mengalami lemas tentunya kita akan malas untuk beraktifitas seperti biasanya.

Nah untuk mengatasi hal ini, kita harus mampu mempertahankan kondisi tubuh kita agar tetap sehat. Jika tidak ingin merasa lemas saat berpuasa usahakan agar tidur malamnya mencukupi baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Selain itu makanan yang di konsumsi saat berbuka dan sahur juga harus yang sehat dan bergizi. Kalau sudah begitu, gak ada alasan buat kita untuk merasa lemas saat berpuasa. (eL) www.nagaswarafm.com

COMMENTS