QASIMA Hadirkan Single Religi Marhaban Ya Ramadhan

QASIMA adalah grup vokal Qasidah asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Qasima singkatan dari Qasidah Irama Melayu Magelang. Para personil group QASIMA

QASIMA adalah grup vokal Qasidah asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Qasima singkatan dari Qasidah Irama Melayu Magelang. Para personil group QASIMA didominasi oleh gadis-gadis belia berparas cantik, berhijab, dan ini sekaligus menjadi identitas dalam group mereka.

Grup vokal Qasidah ini kini bergabung dengan NAGASWARA dan meluncurkan sebuah single religi berjudul “Marhaban Ya Ramadhan” ciptaan Ipam dan diaransemen musik oleh Umi Anidya

QASIMA didirikan pada tahun 1984 yang dipelopori oleh Ibu Hj. Sri Andariyah, S.Ag M.Ag dan diteruskan oleh putrinya Anidya Dwi Astuti, SE (Umi Anidya) selaku head manager QASIMA management yang berperan dalam merancang, mengatur dan melaksanakan rencana group QASIMA ke depan.

Menariknya QASIMA yang digawangi oleh Umi Anidya Qasima (Drum, String), Anna Qasima (Piano),  Renny Qasima (Kendang/Ketipung ), Dwi Crisna Qasima (Vocal, Master of Ceremony),  Shoimah Qasima (Vocal ), Nenny Qasima ( Vocal ), Isna Qasima (Vocal), Tamborin  Maya Qasima (Vocal), Azizah Qasima (Vocal ),  Echa Qasima (Suling, Saxophone, Backing Vokal), Kiki Qasima (Drum),  Ajeng Qasima (Gitar, Kendang), dan Dinda Qasima ( Bass). Dalam perkembangannya mereka tidak hanya mendendangkan lagu-lagu Qasidah semata, namun juga genre musik lain seperti Dangdut, Reggae, Pop dan lainnya, yang dikemas dalam nuansa Islami.

Job manggung QASIMA tidak hanya pentas di wilayah lokal ex-karesidenan Kedu saja, namun kini group QASIMA sering mendapatkan job perform untuk lingkup pulau Jawa dan Sumatera. Bahkan hasil kreasi aransemen musik QASIMA (Qasidah Irama Melayu) yang dikembangkan oleh Umi Anidya tersebut memang unik, menarik dan mempesona. Alhasil keberadaan QASIMA banyak digandrungi oleh pecinta musik dari segala kalangan usia dan sosial, yang mana eksistensi QASIMA ini pernah diliput oleh stasiun televisi swasta nasinal (tvOne dan Trans7), dan juga pernah beberapa kali live perform di acara INBOX SCTV.

Salah satu prestasi yang dicapai QASIMA yaitu pada awal bulan Juni tahun 2016 yang lalu bertempat di Atria Hotel Magelang, QASIMA mendapatkan penghargaan dari Anugerah Jawa Pos Radar Kedu 2016 untuk kategori “Musik Inovatif”.

Hasil capaian yang diraih QASIMA sejauh ini tentunya tidak jauh dari dukungan dari fans QASIMA atau yang lebih familiar disebut QASIMANIA. Semoga Qasima grup vokal yang bergabung dengan NAGASWARA dan merilis sebuah single religi “Marhaban Ya Ramadhan” semakin sukses dikenal publik baik secara nasional maupun sampai ke mancanegara, Aamiin YRA. (PR)

COMMENTS