Sejarah Awal Mula File MP3 MPEG1 dan MPEG2

Sejarah Awal Mula File MP3 MPEG1 dan MPEG2

EUREKA EU147 adalah nama kode proyek dari sekelompok ilmuwan dari Fraunhofer memulai riset untuk Digital Audio Broadcasting pada tahun 1987.  Bula

Via : www.noteburner.com

EUREKA EU147 adalah nama kode proyek dari sekelompok ilmuwan dari Fraunhofer memulai riset untuk Digital Audio Broadcasting pada tahun 1987.  Bulan Januari 1988, Moving Pictures Experts Group atau disingkat MPEG dibentuk sebagai subkomite dari The International Organization for Standardization (ISO)/International Electrotechnical Comission (IEC). Dan kemudian pada bulan April 1989, Fraunhofer menerima hak patent Jerman untuk jenis file MP3.

Riset terus berlanjut hingga pada tahun 1992 Dieter Seitzer dari Fraunhofer mengintegrasikan algoritma audio coding untuk MPEG-1 (standar kompresi video dengan bandwith rendah), dan pada tahun 1993 standar MPEG-1 dipublikasikan. Kemudian tahun 1994 MPEG-2 dikembangkan untuk menyempurnakan MPEG-1 dalam proses kompresi video, penemuan MPEG 2 ini dipublikasikan 1 tahun kemudian.

Pada tahun 1996, tepatnya tanggal 26 November, hak paten dari Amerika untuk MP3 diterbitkan dan mulai September 1998, Fraunhofer menegakkan hak-hak paten mereka sehingga semua hasil pengembangan dari penemuan teknologi MP3 harus membayar biaya lisensi pada Fraunhofer.

Bulan Februari 1999 untuk pertama kalinya perusahaan rekaman bernama — SubPop mendistribusikan track musiknya dengan format MP3. Barulah pada tahun 1999 MP3 player mulai banyak produksi dan dijual.

Lagu pertama yang digunakan Brandenburg dalam proses percobaan dan pengujian teknologi MP3nya adalah “Tom’s Dinner”, yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi bernama Suzane Vega. dari blogpenemu.blogspot.co.id

COMMENTS