Sejarah Singkat Awal Mula Tercipta CD (Compact Disc)

Sejarah Singkat Awal Mula Tercipta CD (Compact Disc)

Tau ga temen radio bahwa ternyata — James T. Russell adalah orang yang pertama kali menemukan CD. Memang semenjak kecil, James dikenal dengan jiwa

James T. Russell

Tau ga temen radio bahwa ternyata — James T. Russell adalah orang yang pertama kali menemukan CD. Memang semenjak kecil, James dikenal dengan jiwa penemunya. Pada usia 6 tahun James membuat remote control untuk kapal perangnya dengan menggunakan kotak makan siangnya saat itu sekitar tahun 1937. James juga termasuk orang pertama yang menikmati televisi dan keyboard sebagai media masukan data ke komputer. (hmmm jenius)

Perlu di ketahui juga ternyata James adalah seorang penggila musik di masa itu. Dia sangat tak puas dengan kualitas musik yang dihasilkan piringan hitam gramafon (phonograph). Karena penasaran, sampai-sampai James bereksperimen menggunakan duri kaktus sebagai jarum pembaca piringan hitam. James sudah menduga kalau hasil eksperimennya sia-sia. James sangat menginginkan sistem yang akan merekam dan memutar kembali lagi sebuah lagu tanpa harus kontak langsung antar bagiannya. James memandang dengan cahayalah sebagai cara terbaik .

Setelah jungkir balik memeras otak selama bertahun-tahun, akhirnya dia menemukan cara menyimpan data dalam piringan sensitif cahaya. Data ini dimodelkan dalam `bit` cahaya yang sangat kecil. Sebuah sinar laser akan membaca struktur bit cahaya ini, kemudian komputer akan mengubah data ini ke dalam sinyal elektronik. Dan untuk pertama kalinya lahirlah compact disc. Kemudian pada tahun 1970, James menerima hak paten. (dari kaskus.co.id)

COMMENTS