Sejarah Singkat Musik Komputer

Sejarah Singkat Musik Komputer

Studio berbasis laptop yang duduk di depan Anda tidak hanya datang secara kebetulan - itu diambil alih lebih dari lima puluh tahun pengembangan untuk

Studio berbasis laptop yang duduk di depan Anda tidak hanya datang secara kebetulan – itu diambil alih lebih dari lima puluh tahun pengembangan untuk sampai ke tahap lanjut seperti yang kita nikmati sekarang.

Inilah yang terjadi, di lansir dari MusicRadar.com sudah waktunya kami memberi Anda pelajaran sejarah singkat dan memberi penjelasan kepada Anda tentang beberapa momen penting dalam sejarah musik komputer.

1951 – Rekaman musik komputer pertama

‘The Baby’ adalah cikal bakal Ferranti Mark 1 yang digunakan untuk membuat rekaman musik komputer pertama.

Percaya atau tidak, komputer digunakan untuk membuat musik selama setengah abad yang lalu. Rekaman tertua yang diketahui adalah komputer Ferranti Mark 1 di Universitas Manchester – itu memainkan God Save The Queen, Baa Baa Black Sheep dan In The Mood. Revolusi telah dimulai …

1957 – Max Mathews write MUSIC
Mathews sering dikutip sebagai salah satu pelopor musik komputer terbesar, dan salah satu pencapaiannya yang paling awal adalah menulis program MUSIC saat berada di Bell Labs di Amerika Serikat. Ini digunakan untuk membuat potongan 17 detik yang dilakukan di New York City pada komputer IBM 704.

1982 – Commodore 64 diluncurkan
Banyak pekerjaan pengembangan besar dilakukan pada 1960-an dan 70-an, tetapi ketika Commodore meluncurkan C64 bahwa pembuatan musik komputer rumah benar-benar berjalan. Itu penting untuk dimasukkannya chip suara SID-nya, yang memungkinkan pengguna untuk membuat musik menggunakan kekalahan tiga saluran sintesis. Bahkan, suara SID yang khas masih populer saat ini, yang merupakan salah satu alasan mengapa Anda dapat mengunduh emulator C64 untuk Mac atau PC Anda.

Commodore 64

Commodore 64

1983 – Kelahiran MIDI
Berdiri untuk Musical Instrument Digital Interface, pengenalan MIDI sangat penting bagi pembuat musik berteknologi tinggi. Protokol baru ini memungkinkan komputer, synths dan perangkat keras lain untuk berbicara satu sama lain, dan masih digunakan secara luas saat ini. Tanpa MIDI, sejarah musik komputer akan sangat berbeda.

1985 – Atari merilis ST
Kita semua mungkin menggunakan PC dan Mac hari ini, tetapi pada tahun 80-an, Atari ST adalah mesin yang diinginkan oleh setiap musisi komputer. Putra CEO Atari memiliki ide jenius yang pas dengan port MIDI, menjadikannya platform yang sempurna bagi mereka yang ingin membawa perangkat keras eksternal di bawah kendali komputer mereka.

1989 – Steinberg Cubase
Steinberg sebelumnya telah mencapai pengakuan dengan sekuel Pro-24 yang banyak digunakan, tetapi Cubase adalah perangkat lunak yang membuat namanya. Versi pertama memperkenalkan konsep ‘mengatur halaman’ dengan daftar vertikal trek dan garis waktu horizontal – desain yang dengan cepat menjadi antarmuka standar untuk semua sequencer yang dikembangkan secara komersial.

Cubase 1

Cubase 1

Awal 1990-an – Rekaman audio dimulai.
Setelah sebelumnya telah digunakan untuk mengurutkan gigi eksternal melalui MIDI, akhirnya komputer menjadi perangkat perekam audio. Steinberg merilis Cubase Audio for Mac pada tahun 1991, dan versi yang lebih baik untuk Atari’s Falcon pada tahun 1993.

1991 – Sound Blaster Pro soundcard
Pertama-tama soundcard Sound Blaster Creative Labs yang sangat sukses diluncurkan pada tahun 1989, tetapi versi Pro yang menambahkan perekaman stereo 44.1kHz. Itu hanya 8-bit, meskipun; Perekaman 16-bit harus menunggu hingga peluncuran Sound Blaster 16 setahun kemudian. Ini, secara teoritis, memungkinkan pengguna komputer rumahan untuk merekam pada ‘kualitas CD’.

1997 – Teknologi Virtual Studio
Dengan peluncuran Steinberg’s Cubase VST, menjadi mungkin tidak hanya untuk merekam beberapa track audio di komputer, tetapi juga untuk memprosesnya dengan efek plug-in (sebelumnya, perangkat keras eksternal telah diperlukan). Pengembang perangkat lunak lain segera mulai melengkapi produk mereka dengan fungsi serupa.

1999 – Instrumen plug-in pertama
Komitmen Steinberg terhadap inovasi diperlihatkan kembali ketika ia merilis Cubase VST 3.7. Ini memberi kami pilihan untuk memasukkan instrumen perangkat lunak langsung ke DAW – sesuatu yang kita semua anggap remeh hari ini – dan datang dengan Neon, sebuah synth gaya analog yang sangat dasar. Sebuah aliran instrumen komersial dan freeware segera menyusul.

Neon

Neon

2000 – Versi pertama Reason diluncurkan
Terus menjadi salah satu aplikasi musik paling sukses sepanjang masa, cara Reason disajikan – rak virtual perlengkapan studio yang dapat dikenali, pada jamannya perangkat analog masih benar-benar tiada gantinya, maka dengan adanya Reason mereka lebih memahami cara kerjanya karena bentuknya seperti perangkat Analog.

2001 – Ableton Live
Live memecahkan cetakan ketika dirilis, dan dengan cepat membuat pengguna dan pengembang menyadari bahwa tidak hanya ada satu cara untuk membuat musik komputer. Kelihatannya dan terasa seperti tidak ada perangkat lunak lain di pasar, dan sekarang digunakan oleh musisi dari segala macam di seluruh dunia.

Ableton hidup 1

Ableton live

2008 – Revolusi lain?
Pengembang perangkat lunak musik terus menerus hadir dan bahkan Celemony telah mengembangkan teknologi baru yang memungkinkan Anda mengedit secara individu file audio. Sementara itu pula ada aplikasi musik baru dirilis untuk perangkat genggam seperti Apple’s iPhone dan Nintendo DS.

COMMENTS