Sejarah Singkat Terciptanya Mikrofon

Sejarah Singkat Terciptanya Mikrofon

Mikrofon pertama diciptakan sebagai pemancar telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Itu adalah perangkat  yang tidak terlalu praktis. Pad

Mikrofon pertama diciptakan sebagai pemancar telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Itu adalah perangkat  yang tidak terlalu praktis. Pada tahun 1886, Thomas Alva Edison menemukan mikrofon karbon praktis pertama. Mikrofon karbon digunakan untuk transmisi radio dan secara luas di pemancar telepon sampai tahun 1970 ketika mereka digantikan oleh elemen keramik piezoelektrik.

Via wikipedia

Mikrofon karbon memiliki rentang frekuensi terbatas, dan tidak akan mereproduksi musik secara efektif. Pada tahun 1916, mikrofon kondensor dikembangkan oleh EC Wente dari Bell Laboratories. Mikrofon kondensor membutuhkan amplifier yang dibangun di dalam mikrofon untuk mengambil sinyal samar. Mikrofon kondensor digunakan untuk penyiaran radio dan generasi pertama dari film suara.

Terobosan besar dalam teknologi mikrofon datang pada tahun 1931 dengan penemuan kumparan bergerak atau mikrofon dinamis oleh Wente dan AC Thuras of Bell Laboratories. Mikrofon dinamis memiliki tingkat kebisingan atau distorsi yang lebih rendah daripada mikrofon karbon dan tidak memerlukan daya untuk beroperasi. Mikrofon dinamis saat ini digunakan secara luas di semua bidang komunikasi dan hiburan.

Pada tahun 1931, mikrofon pita diperkenalkan oleh RCA, dan menjadi salah satu mikrofon yang paling banyak digunakan untuk industri rekaman dan penyiaran vokal. Itu dianggap oleh banyak orang sebagai mikrofon yang terdengar paling alami yang pernah dibuat. Mikrofon pita sangat berat, sekitar 8 lb (3,6 kg), dan bisa dengan mudah rusak karena shock atau tiupan ke dalamnya. Variasi mikrofon pita masih digunakan sampai sekarang.

Mikrofon keramik atau kristal diciptakan 1933 oleh Astatic Corporation ketika CM Chorpening dan FH Woodworth menemukan bahwa mereka dapat membuat mikrofon dari garam Rochelle atau kristal piezoelektrik. Mereka menemukan bahwa ketika gelombang suara menghantam kristal ini, mereka bergetar dan menciptakan arus listrik.

Industri terus bereksperimen dengan bahan baku untuk meningkatkan kualitas suara mikrofon, kepekaan, dan respons frekuensi. Seiring kemajuan teknologi, mikrofon menjadi semakin umum. Mereka sekarang standar dengan sistem komputer baru, memberikan pengguna kesempatan untuk berbicara dengan teman dan keluarga melalui Internet.Tergantung pada penggunaannya, mikrofon secara konstan didesain ulang untuk menggabungkan berbagai kebutuhan pelanggan. (sumber : encyclopedia.com)

COMMENTS