Solusi Masalah Illegal Download di Indonesia

Solusi Masalah Illegal Download di Indonesia

Pencarian solusi masalah ilegal download dengan para asosiasi industri musik,internet Provider,Depkominfo dan Dirjen HKI di Gedung MENKOINFO (31-5-201

Gandie Lie : KFC dan Wali Itu Universal
Semakin Petang Semakin Heboh di Panggung Hits Nagaswara
NAGASWARA Paling Getol Berantas Pembajak

Pencarian solusi masalah ilegal download dengan para asosiasi industri musik,internet Provider,Depkominfo dan Dirjen HKI di Gedung MENKOINFO (31-5-2012) .Internet sebagai teknologi yang semakin menjadi keseharian masyarakat Indonesia. Teknologi yang bisa memajukan namun juga bisa merugikan.Contohnya illegal download bentuk lain dari bajakan telah menjadi racun mematikan untuk industri kreatif dan tentunya kalangan industri musik.

Sejumlah pelaku industri musik mulai khawatir mengenai maraknya download konten illegal untuk musik digital di internet, bahwa potensi kerugiannya diprediksi mencapai Rp. 12 trilyun per tahun. Angka tersebut diperoleh dari penjualan musik digital dari internet yang tidak melalui persetujuan pemegang hak cipta , sehingga dikhawatirkan industri fisik rekaman (industri kaset, CD dan DVD legal) akan terdestruksi secara bertahap.

Mereka ini juga berharap agar Kementerian Kominfo memfasilitasi perlindungan karya/ hak cipta dalam dunia maya.Pencegahan terhadap illegal download¬† harus cepat dilakukan .”Bayangkan ketika semua orang sudah mulai beralih membeli musik di internet.tetapi produk bajakkan diinternet menjamur sama saja para pelaku musik tidak bisa hidup.karena itu perlu ditetapkan untuk memblok produk musik bajakkan hingga tidak berkembang illegal download,” ujar Dirjen HKI Prof Dr AHMAD M RAMLI, S.H., M.H FCBArb.

Dasar-dasar hukum yang dapat digunakan untuk perlindungan hak cipta di dunia maya ini adalah UU No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, khususnya pasal 25, yang menyebutkan, bahwa Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang disusun menjadi karya intelektual, situs internet, dan karya intelektual yang ada didalamnya dilindungi sebagai Hak Kekayaan Intelektual berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Di samping itu juga pada pasal 32 ayat (2) yang menyebutkan, bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun meindahkan atau mentransfer Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik kepada Sistem Elektronik Orang lain yang tidak berhak. Serta ancamannya pada pasal 48 ayat (2), yang menyebutkan, bahwa setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 32 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 9 (sembilan) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 3 miliar.

Kementerian Kominfo melarang masyarakat mengambil atau mengunduh lagu dari internet secara illegal karena melanggar hak cipta. Kementerian kominfo telah melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat.Tindakan pemblokiran sudah menjadi wacana departemen KOMINFO.

” Kominfo merasa sudah cukup melakukan sosialisasi illegal download. akan ada tindakkan pemblokiran setelah ada laporan dari masyarakat. Namun illegal download berkaitan juga dengan Hak Kekayaan Intelektual yang bukan bidang kami. jadi sebelum pemblokiran koordinasi dengan Dirjen HKI bidang penyidikkan. mekanisme pelaporan bisa melalui Dirjen HKI bisa juga melapor ke KOMINFO,” ungkap Dr. Ir. Ashwin Sasongko, M.Sc Dirjen Aplikasi Informatika. www.nagaswara.co.id/ Ary

COMMENTS