Studi Banding AMIKOM

Eksistensi NAGASWARA sebagai sebuah label rekaman, tidak hanya diakui industri musik Tanah Air, namun juga kalangan akademisi. Selasa, 13 Juni, sejuml

Eksistensi NAGASWARA sebagai sebuah label rekaman, tidak hanya diakui industri musik Tanah Air, namun juga kalangan akademisi. Selasa, 13 Juni, sejumlah 50 orang mahasiswa Sekolah Tinggi  Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta melakukan serangkain studi banding ke kantor NAGASWARA di Jalan Johar 4U, Menteng, Jakarta Pusat. Selain diterima oleh produser NAGASWARA Rayahu Kertawiguna, beberapa artis seperti Pongky, Nugie dan Baim (The Dance Company), Firman, Cannonball, Pyramid, serta penyanyi kulit hitam Keith Martin, ikut ambil bagian.

NAGASWARA  selalu memberikan kejutan. Hal tersebut secara jujur diungkapkan Tonny Hidayat, S.Kom di hadapan para mahasiswanya dan keluarga besar NAGASWARA saat berlangsung sesi tanya jawab di lantai 4, lounge NAGASWARA. Tonny, dosen muda yang juga menjadi mentor para mahasiswanya itu mengaku surprise dengan sambutan NAGASWARA atas kehadiran pihaknya.

“Ini bukan kali pertama bagi kita melakukan study tour. Tapi inilah kesempatan yang paling luar biasa. Semula kita hanya mengira akan diterima bagian marketing atau Humas, lalu memperlihatkan bagaimana cara kerja label rekaman ini. Lebih dari itu, kita justru disambut dengan kehadiran artis-artis Nagaswara. Terutama ada Mas Pongky, Mas Nugie dan Canonball yang juga dari Yogyakarta,” kata Tonny.

Lebih jauh diungkapkan Tonny, sejak awal, NAGASWARA sudah menarik minat dia dan para mahasiswanya. Sebagai sebuah label rekaman yang baru berusia 11 tahun, NAGASWARA sudah mencatatkan prestasi luar biasa dengan menelurkan sejumlah band dan penyanyi-penyanyi besar. Di antaranya ada WALI, Kerispatih, Hello, T2, dan The Dance Company. Kejelian NAGASWARA membaca pasar musik Tanah Air, pun dilengkapi dengan pencapaian spektakuler  penggunaan RBT  WALI hingga lebih dari 20 juta unduhan. Saat ini, NAGASWARA kembali melakukan gebrakan dengan merangkul Keith Martin sebagai artisnya. Penyanyi yang lama menetap di Filipina ini, dikenal lewat hits singlenya “Because of You”.

“Saya menyambut baik kehadiran teman-teman mahasiswa di sini. Bagi NAGASWARA dan para artis, kegiatan ini bisa menjadi ajang bertukar informasi yang memberi manfaat. Pesan saya, ayo kita dukung terus gerakan anti pembajakan. Jangan pernah membeli kaset atau CD bajakan,” ujar Produser NAGASWARA, Rahayu Kertawiguna.

Selain menjawab keingin tahuan para mahasiswa dan melihat dari dekat  proses rekaman dan desain gafis pembuatan cover kaset/ CD, sore itu bertambah meriah dengan penampilan akustikan Canonball dan Pyramid. Kehadiran dua band yang sedang diroketkan NAGASWARA ini, cukup memancing reaksi para mahasiswa dan sejumlah wartawan yang meliput acara tersebut. Canonball dengan vokalisnya Sisca, sore itu membawakan single mereka, “Mengalah”. Sementara Pyramid, mencoba memperkenalkan single terbaru mereka yang berjudul “Kamu Lagi”.

“Mudah-mudahan proses kerja NAGSWARA bisa menambah pemahaman mahasiswa saya, terutama soal desain grafis dan IT. Yang pasti, saya mendapat pembelajaran dari Pak Rahayu. Think different, harus terus kreatif, dan jangan pernah menyerah,” tutur Tonny yang berharap dapat menghadirkan produser NAGASWARA itu di kampus AMIKOM. *** (PR)

COMMENTS