Susah Memberikan Maaf atau Memaafkan ?

Susah Memberikan Maaf atau Memaafkan ?

Sedih rasanya kalau kita minta maaf tapi tidak dimaafkan oleh orang yang pernah kita sakiti hatinya. Terkadang setulus apapun permintaan maaf kita pad

Ecapedes Benar Bikin Pedes
Cara Aman Berkendara Motor Yang Baik
Uli Auliani Benar Deg Deg Ser

Susah Memberikan Maaf atau Memaafkan ?Sedih rasanya kalau kita minta maaf tapi tidak dimaafkan oleh orang yang pernah kita sakiti hatinya. Terkadang setulus apapun permintaan maaf kita pada orang lain belum tentu bisa dimaafkan, apalagi kalau kita sudah beberapa kali melakukan kesalahan yang sama.

Sekarang kita balik permasalahannya, bagaimana ketika orang lain minta maaf kepada kita? Apakah akan dimaafkan dengan mudah? Apakah dimaafkan dengan syarat tertentu? Meamaafkan orang lain kadang tidak semudah yang kita kira, bisa saja di bibir sudah memaafkan tetapi hati kecil tidak, atau bahkan mungkin suatu saat malah kita berbalik mengungkit kesalahannya. Tapi walaupun sulit, memaafkan adalah hal yang mulia dan dianjurkan di setiap agama.

Ada penelitian yang dipublikasikan Harvard Health kalau orang yang bisa memaafkan orang lain dengan tulus cenderung lebih sehat. Setelah memaafkan orang dengan tulus, relawan dalam penelitian mengalami peningkatan dalam segi kesehatannya. Dari kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa nyeri pada otot serta para relawan merasa lebih bahagia.

Walaupun menurut penelitian kalau memaafkan itu memberikan dampak positif bagi kesehatan kita, tapi terkadang masih susah rasanya untuk memaafkan sebuah kesalahan orang lain. Berikut sedikit tips biar kita sedikit mudah memaafkan orang lain :

Maaf atau memaafkan itu untuk kita

Coba kita rasakan ketika kita sudah memaafkan orang lain. Tidah hanya membuat lega bagi orang yang meminta maaf kepada kita, tapi kita juga ikut merasakan lega, dan ini membuktikan kalau kita berani memaafkan orang lain berarti menghargai diri sendiri dan membuat hati lega.

Posisikan diri sebagai yang minta maaf

Kenapa terkadang kita tidak menghargai orang lain? karena kita tidak berada diposisi seperti orang lain rasakan. Sedikit merenung dengan dipenuhi berbagai pertanyaan, gimana kalau kita berada di posisi dia, misalnya kita sudah benar – benar minta maaf tapi malah dimarahin atau malah diejek. Tiap orang pada dasarnya punya kesalahan dan kekurangan dan tidak luput dari sebuah kesalahan.

Sabar dan berfikir positif

Kesabaran adalah pintu kita untuk berfikir positif. Jangan pernah berfikir kalau kita memaafkan orang berarti kita lemah atau menjatuhkan harga diri. Berfikir positiflah bahwa ketika kita memaafkan seseorang akan merubah orang tersebut bertindak lebih baik dan akan berterimakasih kepada kita.

Katakan apa yang kamu inginkan

Terkadang memaafkan sesorang belum tentu sekaligus memaafkan begitu saja, ada orang yang akan memaafkan orang lain kalau dia sudah minta maaf beberapa kali atau melakukan syarat tertentu. Apapun yang kamu inginkan kepada orang yang meminta maaf ke kamu ungkapkanlah dan sampaikanlah dengan kata yang bijak dan tidak menyinggung perasaanya. Termasuk sedikit memberikan petuah dengan kata-kata baik, lembut serta penuh kasih sayang agar dia tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Hapus pikiran siapa yang benar atau salah

Inilah yang sering bergejolak didalah hati dan pikiran kita ketika ada orang meminta maaf kepada kita. Ego seseorang akan mengalahkan hati bahkan akan membuat pikiran jadi bimbang. Setiap diri kita tidak mau disalahkan oleh orang lain walaupun justru kita sendiri yang berbuat salah. Sedikit turunkanlah ego kita agar kita menjadi seorang pemaaf. Ketika orang memaafkan kesalahan kita maka mereka akan bahagia, begitu juga kita kalau sudah berbuat salah kepada orang lain dan dimaafkan.

Itulah sedikit cara agar kita tidak susah memaafkan orang, walupun intinya bukan memaafkan atau dimaafkan tetapi yang lebih intinya atau lebih penting adalah berbuat lebih baik dan benar dalam setiap perbuatan serta tidak mengulangi kesalahan yang sama. Tuhan YME maha pemaaf, mudah – mudahan kita juga jadi seorang pemaaf amin… (vGud)

Untuk melihat versi mobile yang dioptimalkan Klik disini.

COMMENTS