Tips Sehat Bugar Puasa Ramadhan

Tips Sehat Bugar Puasa Ramadhan

Bagi umat Muslimin yang saat ini tengah menjalankan ibadah puasa, hari ini adalah hari pertama memasuki bulan mulia ini di tahun 2013. Artinya Insya A

Aliza Perbaiki Gigi Via Operasi
Soal Anji, Gitaris Drive Singgung Piyu dan Armand ‘Gigi’
Kulit Lebih Putih di Area Mulut

Tips Sehat Bugar Puasa RamadhanBagi umat Muslimin yang saat ini tengah menjalankan ibadah puasa, hari ini adalah hari pertama memasuki bulan mulia ini di tahun 2013. Artinya Insya Allah kita masih memiliki kesempatan kurang lebih 28/29 hari lagi untuk meningkatkan kualitas amalan kita, sebelum bulan mulia ini berlalu. Karena sikap yang salah, banyak orang merasa bulan Ramadhan ini sebagai bulan penyiksaan, sehingga ia menjalani hari demi hari pada bulan ini dengan sangat tidak produktif dibanding bulan lainnya. Tetapi bagi orang yang tahu betul bahwa bulan  Ramadhan ini adalah bulan penuh berkah, dimana dilipat gandakan-nya pahala dibading 11 bulan lainnya, ia akan sangat mencermati waktu yang ia lewatkannya dibulan ini dengan sangat produktif, penuh dengan amal shalih. Ada beberapa Tips Sehat dan Bugar Selama Bulan Ramadhan, Mudah-mudahan Ramadhan yang tersisa kita bisa menjalaninya dengan lebih produktif  lagi dengan badan sehat dan bugar.  Berikut Tips Sehat Bugar Puasa Ramadhan:

Niat Puasa

Motivasi yang kuat untuk berpuasa, menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat untuk berpuasa, lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat (motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar, sampai waktu berbuka.

Tetap Makan Sahur
Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak makan sahur seseorang akan mudah menjadi ‘Hipoglikemia’, dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lesu, loyo dan mengantuk bahkan mudah marah.

Hindari Makanan dan Minuman yang Banyak Mengandung Gula Saat Sahur.
Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memroduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas dan lesu. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi, karena protein akan diolah lebih lambat, dibanding jenis makanan lainnya.

Segera Berbuka Puasa Pada Waktunya.

Segera berbuka dengan makanan yang manis(bisa korma atau jenis lainnya) sebab makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Makan dan minumlah secukupnya, agar beban lambung tidak terlalu berat, seteah berjam-jam kosong. Makan yang terlalu banyak saat berbuka puasa akan menyebabkan sebagian besar darah terdistribusikan ke alat pencernaan; akibatnya aliran darah ke otak menjadi lebihsedikit; tubuh menjadi lemas, mengantuk dan malas berfikir.
“Makan dan minumlah kamu dan jangan berlebihan…”(QS. 7:31)

Berolah Raga di Bulan Ramadhan
Salah satu penyebab cepat lelah ketika berpuasa adalah melakukan kebiasaan yang salah, seperti ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang paling tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) sebelum atau sesudah berbuka. Tidak dianjurkan melakukan olahraga yang terlalu berat selama berpuasa.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa
Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total, sehingga produksi kelenjar liur mulut berkurang, dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera mengosok gigi sehabis makan sahur, agar sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut. (Berbagai Sumber)

Untuk melihat versi mobile yang dioptimalkan Klik disini.

COMMENTS