Tradisi Perayaan Tahun Baru di Dunia

Tradisi Perayaan Tahun Baru di Dunia

Tahun baru adalah saat yang sangat dinanti-nanti di seluruh dunia. Ini merupakan perayaan terbesar yang dilalukan seluruh dunia. Tahun baru juga merup

NS1 Diwawancara Majalah FORBES
Keith Martin Support Personel Be5T
WALI dan Musiknya Bikin Gila Orang Korea

Tradisi Perayaan Tahun Baru di DuniaTahun baru adalah saat yang sangat dinanti-nanti di seluruh dunia. Ini merupakan perayaan terbesar yang dilalukan seluruh dunia. Tahun baru juga merupakan saat yang tepat untuk berkumpul dan bertemu dengan orang-orang yang kita cintai seperti keluarga. Banyak hal yang dapat dilakukan setiap keluarga untuk menyambut tahun baru ini. Banyak persiapan yang biasa dilakukan oleh orang-orang sebelum memasuki tahun baru, dari berbelanja kebutuhan rumah tangga, mengadakan pesta sampai melakukan kebiasaan unik yang cuma dilakukan pada saat tahun baru. Setiap negara di seluruh dunia juga memiliki tradisi penyambutan tahun baru yang berbeda-beda. Berikut 10 tradisi tahun baru terunik di seluruh dunia.

1. Indonesia

Di Indonesia orang-orang merayakan tahun baru dengan berkumpul sebelum tengah malam pergantian tahun baru dan ketika pergantian tahun orang-orang akan menyalakan kembang api dan sambil meniup terompet bersama dengan keras, kemudian orang-orang akan menonton konser atau sekadar kumpul bersama keluarga.

2. Amerika Serikat

Tahun baru adalah perayaan besar bagi masyarakat Amerika Serikat. Orang Amerika biasa merayakan malam tahun baru dengan mengadakan sebuah pesta atau festival. Mereka akan menari, menyanyi, dan juga makan bersama. Tepat jam 12 malam hari, pasangan akan berpelukan dan semua orang saling mengucapkan ‘Happy New Year’.

3. Skotlandia

Di negara Skotlandia orang-orang menyebut malam tahun baru sebagai Night of the Candle. Mereka menyambut tahun baru dengan membersihkan rumah dan mempersiapkan diri menyambut tamu yang akan datang. Mitosnya siapa tamu pertama yang masuk melewati pintu rumah dan membawa hadiah bagi tuan rumah akan menentukan keberuntungan bagi seluruh keluarga.

4. Spanyol

Di Spanyol, ketika malam tahun baru hampir semua fasilitas umum akan ditutup. Biasanya orang-orang merayakan pergantian tahun baru dengan memakan 12 butir anggur dengan cepat, ini diyakini akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan di tahun-tahun berikutnya.

5. Rusia

Di Rusia, tradisi pergantian tahun baru biasanya dilakukan seperti Natal di negara-negara lain. Seseorang mirip Santa Claus yang datang dan membawa sekantong penuh mainan anak-anak ke rumah-rumah untuk membagikannya. Namun bedanya namanya bukanlah Santa Claus melainkan Grandfather Frost yang berkostum biru.

6. Yunani

Di Yunani, tradisi perayaan tahun baru dilakukan dengan memotong roti tahun baru yang di dalamnya berisi koin atau jimat yang disebut Vasilopita, dan kepala keluarga dan dibagi-bagikan kepada anggota keluarga lainnya. Roti ini dipercaya dapat membawa nasib baik bagi keluarga.

7. Belgia

Tradisi tahun baru di Belgia biasanya dilakukan dengan berpesta pada tengah malam pukul dua belas hingga dini hari dan ada juga tradisi yang disebut Niuwjaarrsdag yaitu anak-anak akan menulis surat untuk orang tua mereka dan mereka akan membacakannya di depan orang tua mereka saat kumpul keluarga.

8. Australia

Di Negeri Kanguru, tradisi tahun baru dilakukan dengan berpesta. Pesta dimulai sejak sehari sebelum pergantian tahun, saat jam 12 malam mereka akan meniup terompet atau peluit kemudian pada tanggal satunya mereka menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga atau berpiknik.

9. Finlandia

Di Finlandia, tradisi tahun baru dilakukan dengan melelehkan lempengan timah, dipercaya bahwa yang dilelehkan adalah ramalan tahun berikutnya, jika timah berbentuk cincin maka ada perkawinan, bila nampak seperti kapal maka akan ada perjalanan, dan banyak simbol-simbol lainnya.

10. Filipina

Di Filipina, tradisi perayaan tahun baru selalu identik dengan bentuk bulat. Pada tahun baru mereka akan menyediakan makanan atau buah-buahan berbentuk bulat atau memakai pakaian atau apapun yang berbentuk bulat. Dipercaya bagi masyarakat Filipina bentuk bulat dapat menarik rejeki atau membawa keberuntungan.

12. Jepang

Di Jepang, perayaan tahun baru dilakukan dengan berpesta bersama keluarga dengan melihat festival kembang api, dan lonceng-lonceng di kuil-kuil Budha di Jepang akan dibunyikan sebanyak 108 kali sepanjang malam hingga pergantian tahun. Setiap dentang lonceng melambangkan 108 pikiran kotor yang dimiliki setiap orang.

13. Kolombia

Di Kolombia, tradisi tahun baru dilakukan dengan membakar sebuah boneka yang terbuat dari jerami seperti orang-orangan sawah, kemudian mereka akan menulis nasib buruk atau kesalahan yang ingin dibuang dalam sebuah kertas dan pada pukul dua belas mereka akan menempelkan kertas pada boneka dan membakarnya, sebagai simbol selamat tinggal bagi nasib buruk dan selamat datang nasib baik. (Sumber : keluarga.com)

COMMENTS