Trie Utami Prihatin Kondisi Musik Tanah Air

Trie Utami Prihatin Kondisi Musik Tanah Air

Melihat kondisi musik tradisional saat ini, membuat penyanyi sekaligus pencipta lagu sekelas Trie Utami Sari, atau biasa disapa dengan Mbak Iie, priha

Aliza Mampu Membawakan Lagu Dari Berbagai Aliran
Spa di Rumah Bisa Juga Lho
Ksatria Feat Gina Single 123 234

Melihat kondisi musik tradisional saat ini, membuat penyanyi sekaligus pencipta lagu sekelas Trie Utami Sari, atau biasa disapa dengan Mbak Iie, prihatin. Gempuran musik pop terhadap jiwa paRa kawula muda membuat musik tradisional terlupakan.

Padahal, lagu-lagu daerah merupakan warisan leluhur bangsa yang saat ini terpinggirkan oleh lagu-lagu komersil terutama yang bernuansa cinta. Program acara televisi nasional di Tanah Air juga belum optimal menayangkan program musik bernuansa kedaerahan.

“Coba saja tanya lagu “O Ina Ni Keke”, sekarang remaja banyak yang tidak tahu. Padahal dulu musik tradisional itu mewakili sejarah dan budaya yang diwariskan oleh darah nenek moyang melalui ibu kandung kita,” ungkap adik kandung Purwa Tjaraka ini.

Untuk melestarikan lagu-lagu daerah di Nusantara maka digelar sebuah annual event yaitu Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara. Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara bertujuan untuk menasionalkan lagu-lagu daerah dan menumbuhkan lagu berbahasa daerah. Lomba ini juga diharapkan dapat membawa lagu-lagu pop daerah yang diaransir secara profesional sehingga enak didengar dan dinikmati oleh berbagai suku dan etnis di Indonesia.www.nagaswara.co.id/ Kim Sadewa

Untuk melihat versi mobile yang dioptimalkan Klik disini.

COMMENTS