Trio B3 Widi Nola & Cynthia di Nagaswara

Trio B3 Widi Nola & Cynthia di Nagaswara

Trio Widi Nola & Cynthia (B3) di Nagaswara. Bukan hal mudah mengganti nama kelompok musik yang sudah menempuh waktu selama belasan tahun diblantik

Trio Widi Nola & Cynthia (B3) di Nagaswara. Bukan hal mudah mengganti nama kelompok musik yang sudah menempuh waktu selama belasan tahun diblantika musik Indonesia.Terutama AB Three adalah satu-satunya kelompok vokal Indonesia yang mampu mengharumkan nama Indonesia lewat festival internasional serta sekaligus sukses secara komersial dalam penjualan album dan popularitas. Ketiganya masing-masing memiliki warna vokal yang berbeda dan menjadi harmoni yang indah ketika dipadukan. Selain suara yang merdu, mereka juga memiliki aksi panggung yang menarik dan sudah memiliki khasnya.

Sejak 13 Agustus 1993, menjadi tanggal Trio penyanyi cantik ini terbentuk.Dengan nama AB Three, Trio ini terwakili oleh Widi Mulia (Widi), Riafinola Ifani Sari (Nola), dan Lusy Rahmawaty . Namun mundurnya Lusy Rahmawaty digantikan oleh Cynthia Lamusu . Formasi terakhir inilah  yang terus bertahan belasan tahun lamanya.

Kualitas musik mereka bagaikan Bunglon yang mampu beradaptasi dengan berbagai warna musik . Tampil elegance bagaikan Diva, ekspresif dengan Rock, dance hingga dangdut teraplikasi sempurna lewat kualitas vokal Widi,Nola dan Chyntia.

Hampir tidak ada atau jarang ditemukan sebelumnya kelompok vokal Indonesia yang mampu menyanyi sambil menari lincah diatas panggung. Meski kadang tarian yang disuguhkan Nola,Widi dan Chyntia terlihat rumit bahkan harus meloncat dan jingkrak-jingkrak, vokalnya tetap stabil. Dalam hal koreografi, mereka cenderung memiliki ciri khas dengan memadukan unsur tradisional Indonesia yang dipengaruhi oleh gerakan tari daerah dengan tarian modern.

Setelah pindah manajemen keputusan mengganti nama harus terjadi, AB Three berubah menjadi “Be Three (B3)”. “Tadinya kita ingin memberikan nama baru grup kita dengan’ Bertiga’ bukan ‘Be Three’ namun nama terakhir lebih tepat setelah rembukkan. Karena tidak begitu jauh pengucapannya dengan nama sebelumnya.’Be Three filosofinya adalah kita sekarang lebih mandiri bertiga dan segala sesuatunya dari awal memang kita bertiga. Mulai dari konsep hingga musik,” ungkap Cythia menjelaskan perubahan nama kelompoknya.

Lewat “Be Three”, mereka resmi berjuang dengan manajemen sendiri. “Manajemen benar-benar kita kelola bertiga. Sebenarnya kita bisa saja untuk mempatenkan nama AB Three untuk kita namun hal itu tidak beretika saja dilakukan. .AB identik dengan manajemen yang mengelola kita dulu, setelah kita keluar dari manajemen lama sepakat kami memilih nama Be Three,” jelas Widi.

Keinginan terus berkarya dengan grup yang turut dibangun Widi,Nola dan Cynthia telah memantapkan langkah Be Three. Langkah diperkenalkannya nama baru dalam grup yang sudah tertanam ke dalam industri musik. Tampaknya, B3,dengan personil yang sudah mengantongi lima album dan meraih tujuh penghargaan dari Anugerah Musik Indonesia ini, masih harus bekerja keras. Dengan paras cantik, suara emas, serta aksi panggung mereka yang solid itu kini harus menghadapi banyaknya grup vokal atau band-band wanita yang terus bermunculan di industri musik pop Indonesia.

“Kita terlalu lama menunggu gerakkan manajement lama , Lagian 5 tahun kemarin nggak ada rekaman, dulu dibuat susah, katanya perusahaan rekaman lagu lagi susah, mereka cari solusi juga nggak dapat. Akhirnya kita menyelamatkan eksistensi sendiri, sebenarnya kita bertiga sudah lama ingin menunjukkan kepada penggemar bahwa saya, Nola dan Chyntia masih produktif. Banyak demand dari penggemar yang menanyakan apa karya kami selanjutnya,Apa masih ada grup kami ?.  Padahal kami sudah sharing dengan mereka.Tapi ternyata mereka sudah tidak ada kapasitas untuk melihat potensi kami yang tidak dimiliki grup lain. Keinginan memberi motivasi kepada para penikmat musik dengan karya kami masih kuat. Akhirnya kami memutuskan untuk mandiri dan bekerjasama dengan pihak lain. Kami sangat bersyukur ternyata Nagaswara menerima inspirasi kami, ” lanjut  Widi.

Karya terbaru Nola,Widi dan Chyntia telah siap diluncurkan. Hal ini untuk menepis kabar bubarnya kelompok trio mereka setelah lama tak muncul di layar TV dan berbagai acara musik atau pun konser . “Saya juga ingin klarifikasi bahwa tidak ada hubungannya kami bertiga dengan berkeluarga kamipun bubar,”ungkap Chyntia.

Nola,Widi dan Chyntia dengan kemasan baru Be Three sempat mengeluarkan single perdana di tahun 2009. Namun di tahun 2011 inilah bersama Nagaswara trio Widi,Nola dan Chyntia menjawab demand atas eksistensi dan inspirasi mereka dengan karya.”Dengan single kedua lewat kemasan nama grup “B3” .Kerjasama bersama Nagaswara ini kami bisa mendobrak rintangan yang pernah B3 alami,” tambah Widi.

Masih dengan benang merah pop dan kekuatan harmonisasi vokal khas mereka bertiga bersama Nagaswara, B3 akan merilis single “Andaikan Bisa “.” Lagu yang diciptakan oleh Tengku Shafick hasil rembukkan bersama tanpa campur tangan manajement AB three .Dengan pertimbangan karya Shafick bisa menjual juga telah mengerti karakter kita dan paling cocok mewakili kehadiran kami sekarang,” kata Widi.

Menyesuaikan diri dengan industri musik, B3 hadir dengan konsep bermusik lebih ringan . “ Musik kami lebih membaur dengan pasar musik sekarang. Lebih beat,hip dan kekinian. Bahkan ada warna melayu dalam single kedua B3.” ungkap Nola menjelaskan single yang bakal dihadirkan B3. www.nagaswaramusic.com / Arie

COMMENTS