Wali, Single Religi Abatasa

Wali, Single Religi Abatasa

Wali, Single Religi Abatasa. Meski banyak menghasilkan hits single dalam berbagai warna, WALI tak pernah lepas dari sebutan band dengan lagu-lagu reli

Wali, Single Religi Abatasa. Meski banyak menghasilkan hits single dalam berbagai warna, WALI tak pernah lepas dari sebutan band dengan lagu-lagu religius. Mengisi Ramadhan kali ini, WALI kembali merilis album religi berjudul “Abatasa”. Judul ini diambil dari single pertama di album ini, yakni “Abatasa”. Secara keseluruhan, album ini berisi 7 buah lagu. Dua di antaranya yakni “Abatasa” dan “Status Hamba” adalah duo nomor baru yang diciptakan Aan Kurnia (Apoy), gitaris WALI. Sementara 5 lagu lainnya, yakni “Aku Cinta Allah”, TOMAT (Tobat Maksiat), “Ya Allah”, “Mari Sholawat” dan “Tuhan” adalah nomor-nomor yang diambil dari album religi WALI sebelumnya berjudul “Ingat Sholawat”.

Lewat single “Abatasa”, WALI menyajikan lirik-lirik dan musik yang ringan, bahkan di sana-sini terdengar jenaka. Tentu saja ini dimaksudkan agar tema “belajar ngaji” ini tidak terkesan berat, apalagi menggurui. Perhatikan lirik-lirik berikut ini. “Mak minta izin tuk pergi ku mushola itu. Mak tolong izinin ketemu sama kawan-kawanku. Mak minta izin lanjutkan pengajian kembali. Mak tolong izinin belajar sama Ustad Mahmudin. Alif-ba-ta-tsa-jim-ha, Allah Tuhan kita semua. Cha-dal-dzal-ro-zai-sin-syin, dari yang kaya sampai yang miskin. Alif-ba ta-tsa-jim- ha, mari kita tingkatkan takwacha. Dal-dzal-ro-zai-sin-syin, masuk syurga. Yok, bilang aminkan…”

Menurut Apoy, single “Abatasa” memang dimaksudkan untuk mengajak mengenal huruf-huruf dasar dalam bahasa Arab. Sebisa mungkin konsep lagu ini dibuat sesederhana mungkin, dan dilengkapi dengan lirik-lirik yang mudah diserap tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa.

“Makanya kita coba masukin lirik semacam ‘mak, minta ijin ngaji dengan Ustad Mahmudin’. Kita mungkin saja punya pengalaman masa kecil yang sama. Mudah-mudahan ini bisa mengingatkan kita untuk terus belajar agama,” ujar Apoy.

Album WALI dengan single pertama “Abatasa” ini, menjadi semacam album religi repackage dari band asal Ciputat, Tangerang itu. Mereka berharap, beberapa single lainnya yang tidak sempat diperkenalkan lewat album “Ingat Sholawat”, dapat kembali diperdengarkan kepada publik. Sebagai pelengkap single “Abatasa”, WALI juga sudah merampungkan pengerjaan video klipnya yang disutradarai Eman Pradipta dari Ulet Bulu Production.

Lagu-lagu bernafaskan Islami memang bukan hal baru bagi band WALI yang dimotori Apoy (gitar), Faank (vokal), Ovie (keyboard) dan Tomy (drum). Boleh jadi ini karena latar belakang personil band ini sebagai jebolan pesantren. Jangankan dalam album bertema religi, lewat lagu-lagu mereka di luar tema religi pun, WALI tetap menyisikan pesan religi. Simak single “Doaku untukmu Sayang” yang diambil dari album “Aku Bukan Bang Toyib”. Sesuai dengan nama band ini-WALI-Apoy dan rekan-rekannya memang hendak menjadi media atau perpanjangan tangan dalam menyampaikan kebaikan dan kebahagiaan lewat musik.

“Semoga single ‘Abatasa’ dan album ini secara keseluruhan dapat diterima masyarakat luas. Amin,” harap Faank. (PR)

COMMENTS