Zaskia Belajar Pancasila bersama Anak-Anak SMA

Zaskia Belajar Pancasila bersama Anak-Anak SMA

Akhir pekan kemarin, ruang utama Pusat Pendidikan dan Latihan Pancasila dan Konstitusi, Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Cisarua, Bogor, Jawa

Lenny BE5T Dekat Lagi Dengan Ilham SMASH
Dimas Andrean Fokus di Musik
Honda Schoollicious Ramaikan SMK Negeri 1 Bogor

Zaskia Belajar Pancasila bersama Anak-Anak SMAAkhir pekan kemarin, ruang utama Pusat Pendidikan dan Latihan Pancasila dan Konstitusi, Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, terlihat lebih semarak. Hari itu, 150 siswa se-DKI Jakarta tengah mengikuti pelatihan Pancasila dan Kebangsaan. Zaskia Gotik, adalah salah satu peserta di antara siswa-siswi yang berasal dari 50 SMA di Jakarta itu.

“Alhamdulillah, hari ini seperti yang sudah disepakati, Neng mulai ikut pelatihan tentang Pancasila dan Kebangsan,” kata Zaskia Gotik kepada NAGASWARA News.

Zaskia mengungkapkan, kegiatan semacam ini menjadi hal baru buat dirinya. Selama ini, ia lebih disibukkan oleh berbagai kegiatan keartisan. Ia bahkan menyebutkan tidak pernah mengikuti pelatihan tentang Pancasila dan Kebangsaan semenjak lulus dari SD Karang Setia 03 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

“Waktu di SD nggak ada yang seperti ini. Ini juga dilakukan Neng sebagai tanggung jawab atas kepercayaan DPR/ MPR yang mengangkat Neng sebagai Duta Pancasila, dan Duta Dokter Klinik Pancasila dari Kemenhan. Neng harus belajar supaya paham,” terang Zaskia.

Menurut Prof. Dr. Doddy Susanto, salah satu pengajar, Zaskia mengikuti pelatihan yang sama dengan peserta lain. Zaskia juga dibekali buku-buku tentang Pancasila dan Kabangsaan, serta sebuah diari yang harus diisi setiap hari.

“Saya sendiri yang akan memeriksa isi diari dari Zaskia. Isinya tentang implementasi Pancasila dari pagi sampai malam. Kalau lulus, nantinya kita akan memberikan sertifikat buat dia. Ini serius,” kata Doddy.

Zaskia sendiri terlihat sangat menikmati setiap materi dan kegiatan yang diberikan oleh Prof. Dr. Doddy Susanto (Direktur Klinik Pancasila) dan Laksamana Madya TNI M. Faisal (Direktur Bela Negara  Ditjen Potensi Pertahanan Kemenham). Kehadirannya di tengah-tengah siswa-siswi SMA bahkan tak ada sekat dan memberikan semangat bagi para siswa dalam memahami materi yang diberikan pengajar.

Pelatihan tersebut diikuti Zaskia selama dua hari, yakni Sabtu (9/4) dan Minggu (10/4). Sebelumnya, upacara pembukaan dan pembekalan kegiatan itu dilakukan oleh Sekjen Kementrian Pertahanan (Kemenhan) Laksamana Madya TNI Widodo di halaman Kemenhan RI di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (8/4). www.nagaswara.co.id/ fif

COMMENTS