6 Manfaat Jahe Untuk Mendukung Kesehatan Tubuh dan Program Diet

6 Manfaat Jahe Untuk Mendukung Kesehatan Tubuh dan Program Diet

Di lansir dari Loputan6.com , Jahe menjadi tanaman herbal yang paling banyak digunakan sebagai bumbu masak, obat-obatan, dan afrodisiak alami.Ada bera

Di lansir dari Loputan6.com , Jahe menjadi tanaman herbal yang paling banyak digunakan sebagai bumbu masak, obat-obatan, dan afrodisiak alami.Ada beragam jenis jahe, salah satunya yang paling terkenal adalah jahe merah. Mengonsumsi jahe lebih baik yang banyak digunakan sebagai bumbu masak atau obat, bisa memberikanmu manfaat kesehatan tubuh.

1. Mengatasi mual dan muntah

Apakah kamu pernah merasa rileks begitu mencium aroma jahe? Menurut penelitian, salah satu manfaat jahe adalah untuk menenangkan dan mencegah mual atau muntah. Bahkan pasien kemoterapi yang biasanya sering mual akan diberikan terapi yang melibatkan jahe.

2. Melegakan tenggorokan

Mengonsumsi jahe akan memberikan efek hangat di tenggorokan. Dengan demikian manfaat jahe lainnya adalah untuk melegakan tenggorokan, terutama jika tenggorokanmu gatal karena penyakit pernapasan.

3. Menjaga kesehatan tekanan darah

Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Terutama bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Mengontrol kadar gula darah

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaat jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Sebabnya jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid.Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang lebih kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Secara historis, manfaat jahe adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan serta mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung terkait dengan stres.

6. Mengurangi peradangan

Apakah kamu pernah mengalami wajah bengkak dengan kulit kemerahan? Umumnya peradangan yang terjadi di dalam tubuh menimbulkan dampak yang demikian.

Entah itu karena pola kesehatan yang buruk atau salah makan, peradangan bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan tubuhmu. Untuk mengatasinya, jahe bisa membantu. Sebabnya salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalah berfungsi sebagai anti inflamasi, antiviral, dan bahkan antibakteri dalam tubuh.

penulis; M Irnanda Adrian

(siswa PKL Smk Wijaya plus 2)

COMMENTS