7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat

7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit sering dicari oleh orang yang memiliki kesibukan tinggi, orang yang aktif rentan untuk terkena berbagai

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit sering dicari oleh orang yang memiliki kesibukan tinggi, orang yang aktif rentan untuk terkena berbagai macam penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit mobilitas. Oleh sebab itu penting sekali bagi orang yang aktif untuk memperhatikan kesehatannya.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap tetap fit dan tidak mudah sakit :

1. Menjaga Pola Makan

Cara pertama yang bisa anda lakukan dengan menjaga pola makan, jangan pernah meninggalkan sarapan dan selalu atur jam makan anda. Orang yang tidak bisa mejaga pola makannya dia akan mudah sekali terkena penyakit maag. Gejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut.

2. Hindari Makanan Sampah

Makanan sampah disebut juga dengan junk food, junk food merupakan makanan sampah sebab di dalam makanan itu tidak ada nutrisinya samasekali. Justru makanan itu merupakan sumber penyakit bagi tubuh. Junk food adalah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan lemak jenuh merupakan sumber penyakit jantung koroner. Agar tubuh tidak mudah sakit tentunya anda harus menghindari makanan junk food tersebut.

3. Olahraga Secara Teratur

Bagi orang yang belum memiliki penyakit jantung anda bisa berolahraga berat selama 30 menit dalam sehari, olahraga itu bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia. Olahraga ini juga berguna untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Tanpa olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh tidak bisa dibakar secara sempurna sehingga lemak itu tetap akan menempel di pembuluh darah manusia dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, menempel di jantung sehingga menyebabkan serangan jantung. Oleh sebab itu olahraga sangat penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Bagi orang yang sudah mengalami masalah jantung, untuk cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit bisa melakukan olahraga ringan sesuai kemampuan. Durasinya tidak selama orang yang sehat dan tidak memiliki serangan jantung. Orang yang memiliki penyakit jantung bisa berolahraga selama 15 menit untuk menjaga tubuhnya agar tidak mudah sakit

4. Konsumsi Cukup Cairan

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit ada baiknya anda mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh anda. Ada banyak bahaya akibat kekurangan cairan otak dan untuk organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia. Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan aliran darah dan juga aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu akibatnya adalah darah menjadi kental. Organ yang ada di dalam tubuh manusia terdiri dari air atau cairan sehingga jika organ kekurangan air fungsi organ itu pun terganggu.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh manusia anda bisa mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter dalam per hari. Anda jangan mengkonsumsi cairan selain air putih sebab air putih mampu menghindarkan anda dari bahaya dehidrasi. Air putih juga mampu membuat tubuh anda menjadi bugar dikarenakan aliran darah dan juga aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. Jika aliran darah dan oksigen tidak lancar orang tersebut akan mudah lelah, lesu, lunglai dan lain sebagainya.

5. Hindari Makan Berlebihan

Ada banyak bahaya yang bisa ditimbulkan dari memakan makanan yang berlebihan, salah satu bahayanya adalah bisa memicu obesitas. Obesitas sendiri merupakan sumber dari berbagai macam penyakit yang serius misalnya saja adalah serangan jantung dan juga penyakit stroke

6. Istirahat yang Cukup

Istirarahat yang cukup dan memiliki jam tidur yang teratur merupakan kunci sehat yang harus anda lakukan. Orang banyak yang terkena penyakit sebab jam tidur mereka serampangan. Mereka banyak yang tidur sudah larut malam kemudian bangun terlalu pagi. Alasan pekerjaan membuat mereka melakukan pola hidup yang tidak sehat. Setelah seharian bekerja tubuh perlu istirahat agar organ yang ada di dalam tubuh juga tidak bekerja terlalu keras. Ada banyak sekali penyakit akibat kurang tidur yang mengintai orang dengan jam tidur yang tidak cukup. Untuk selalu sehat anda harus tidur sebanyak 8 jam dalam per hari. Jangan kurang dan jangan berlebihan sebab kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit.

7. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin untuk cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat. Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan juga vitamin C. Akibat kekurangan vitamin D adalah akan membuat tubuh menjadi mudah terkena kuman dan virus. Vitami D pada dasarnya bisa digunakan sebagai penstimulus antibodi agar zat antibodi itu mampu menghasilkan sistem imun yang bisa digunakan untuk melawan kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Tidak hanya vitamin D saja yang dibutuhkan oleh tubuh, namun vitamin C pun sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengherankan banyak artis yang memiliki jam terbang tinggi melakukan suntik vitamin agar tubuhnya menjadi fit. Penyakit akibat kekurangan vitamin Cjuga harus anda ketahui agar kesadaran anda dalam mengkonsumsi vitamin C ini semakin bertambah. Vitamin C bisa digunakan untuk menstabilkan sistem imun tubuh sehingga sistem imun yang stabil akan membuat daya tahan tubuh semakin bagus, sistem imun itu akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Penulis; Abizar Mohamadi Setiawan

(Siswa PKL Smk Wijaya Plus 2)

COMMENTS