Connect with us

Temen Musik

Soal Cover Lagu, Erick SYD Bilang Tergantung Tujuan

Soal Cover Lagu, Erick SYD Bilang Tergantung Tujuan

Erick SYD (Save Your Day) mempunyai pandangan dan penilaian tersendiri terhadap penyanyi cover. Menurut pelantun single “Egois” itu, cover lagu tergantung penggunaannya.

“Aku berpendapat begini, bukan merasa aku seorang pencipta lagu yang besar. Siapa sih Erick, aku buatin lagu buat Sammy, enggak ada yang tahu kan?” ujarnya.

Erick, personel duo SYD bersama Lukas itu memang telah menciptakan lagu buat Sammy Simorangkir, Delon, Marcell Siahaan, dan buat Tiwi T2, tapi mungkin tidak semua orang tahu.

“Cuma saya ingin lagu aku itu yang penting didenger lah. Mungkin saya berpendapat, yang sering menjadi persoalan adalah di monetize ketika seseorang mencover lagu,” tegasnya.

Karena menurutnya, dibagian inilah seringkali menyangkut kepentingan hak cipta dan pendapatan.

“Di monetize itu kan jadi problem, karena musisi kan menciptain karya, sedangkan karyanya kadang sering tidak dihargai mungkin, sementara, orang orang yang mengambil karyanya secara cover, mendapat keuntungan ke kantong pribadi,” papar Erick.

Menurutnya, sebetulnya ada timbal balik yang baik bagi pencipta lagu. Hanya saja kita juga mesti memperhitungkan segi pemasukan.

“Tapi kadang cover itu bisa membantu seorang pencipta lagu jadi lebih dikenal masyarakat. Contohnya, misalnya sudah sampai angka segini lho, jadi ada pembagiannya,” jelas pencipta lagu “Ku Mohon Maaf” Sammy Simorangkir itu.

Erick secara polos, melihat bahwa penyanyi cover secara tidak langsung juga membantu kita mempromosikan sebuah karya lagu. Jadi mungkin dia juga berhak mendapatkan hak-nya.

“Jadi menurut saya, penyanyi cover tidak selamanya dipandang salah, karena masih ada sisi positif yang bisa diambil,” tambah pelantun single “Ini Takkan Terjadi” bersama Lukas SYD.

Erick mencontohkan, misalnya dulu teknologi belum canggih. Misalnya, seorang pengamen yang membawakan lagu tertentu yang masih baru, dan belum viral.

“Nah, pengamen itu membantu kita, saat dia menyanyikan sebuah lagu ciptaan orang lain, maka kita seikhlasnya memberi penghasilan buat pengamen itu,” tambahnya.

Dan berkat pengamen itu, kadang kita bisa tahu penyanyi aslinya. Karena berawal dari suka dengan lagu yang dinyanyikan pengamen, nah kita kemudian mencari tahu pencipta aslinya. www.nagaswara.co.id [KimSadewa]

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.