Connect with us

Temen Musik

Andi Merpati Buka Rahasia Lagu-lagu Patah Hati Ciptaannya

Andi Merpati Buka Rahasia Lagu-lagu Patah Hati Ciptaannya

Seorang musisi tak lepas dari inspirasi dalam membuat lagu. Salah satunya adalah Andi Derisman, vokalis Merpati band, yang juga menciptakan banyak karya lagu termasuk untuk bandnya sendiri. Lalu dari mana Andi Merpati mendapatkan inspirasi lagu yang diciptakannya?

“Kalau saya dapat inspirasi lagu dari apa yang saya lihat, rasa dan saya dengar. Kemudian saya tulis, cantumkan ke dalam lirik dan lagu. Jadi inspirasinya bisa datang dari mana saja. Bisa jadi cerita pribadi, cerita dari teman, kejadian atau fenomena yang terjadi sehari-hari,” ungkap Andi Merpati kepada NAGASWARA News, Selasa (15/6/2021).

Selain kejadian di sekitarnya, Andi juga melihat trend yang sedang beredar di masyarakat. Namun, kebanyakan ia mengambil ide lirik lagu dari kejadian yang banyak dialami orang sehingga lagunya mudah diterima.

“Ide kadang bisa datang ketika saya naik motor. Atau di mana saja tiba-tiba datang. Kemudian saya simpan di voice note handphone supaya gak lupa inspirasinya. Kadang niat bikin lagu menyendiri di kamar. Sekarang kebanyakan aku spontan bikin lagunya dan jadinya pun instan,” jelas Andi.

Uniknya, hampir semua lagu yang diciptakan Andi bertema patah hati. Lagu-lagu dengan tema patah hati yang ia ciptakan juga banyak yang menjadi hits. Salah satunya adalah single perdana Merpati, “Tak Selamanya Selingkuh Itu Indah”.

Single tersebut memang spesial di hati Andi. Ia tak menutupi kalau “Tak Selamanya Selingkuh Itu Indah” adalah pengalaman pribadinya. Lucunya, justru Andi yang menjadi selingkuhan saat masih duduk di bangku SMA. Lagu tersebut ia ciptakan antara tahun 2003-2004.

“Yang saya rasakan nggak enak jadi selingkuhan. Pacaran harus sembunyi-sembunyi. Ada cinta di antara cinta. Takut ketahuan. Dan semua itu saya tuangkan dalam lagu dan jadi hits,” lanjut Andi.

Sementara, untuk single terbaru Merpati, “Saat Jauh Darimu”, Andi mengatakan mendapatkan ide penciptaannya di masa pandemic Covid-19 sekarang. Saat pandemi, orang harus menjalani “social distancing” secara terpaksa.

Andi mengaitkan masa-masa itu dengan percintaan, dan jadilah single tersebut dan dibawakan duet Merpati Band dengan Bening Septari. Bagi musisi seperti Andi, cerita kehidupan di dunia ini selalu bisa dijadikan karya musik.

“Semoga karya-karya saya bisa selalu diterima masyarakat, Aamiin,” tutup musisi asal Cianjur, Jawa Barat yang hobi kulineran saat berada di mana pun itu. www.nagaswara.co.id/ Tim NMC

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.