Connect with us

Temen NAGASWARA

Merpati Band & Kezia Putar Perdana Janji Satu Purnama

Kolaborasi dalam pembuatan lagu terbaru kembali dilakukan oleh Merpati Band dengan menggandeng gadis cantik yang lagi naik daun, Kezia. Sebelumnya Merpati Band sukses menelurkan single duet bersama Bening Septari lewat single “Saat Jauh Darimu” (2021).

Single terbaru hasil kolaborasi Merpati Band & Kezia ini berjudul “Janji Satu Purnama” ciptaan Andi Merpati & Melly Goeslaw siap dirilis untuk para pecinta musik Indonesia di manapun berada.

“Ya setelah sukses Merpati Band berduet dengan Bening Septari lewat single “Saat Jauh Darimu”, kami Merpati Band mulai memikirkan untuk segera menggarap single berikuitnya. Kita mencari-cari kira-kira siapa solois cewek yang bisa diajak berkolaborasi, sampai akhirnya kita melihat ada penyanyi pop muda berbakat dan sedang hits yaitu Kezia Kaithlyn Purnawan yang juga artis NAGASWARA. Akhirnya hari ini kami merilis single terbaru kami, berjudul “Janji satu Purnama”. “Ungkap Andi Merpati.

Selanjutnya, Andi Merpati menambahkan ketika ia pertama kali melihat Kezia waktu itu masih berumur 16 tahunan mencover single Merpati “Tak Selamanya Selingkuh Itu Indah & Tak Rela“. Diusianya yang relatif masih muda Kezia sudah berhasil menghayati lagu tersebut dengan penuh penjiwaan dan bagus penyampaiannya, sesuai dengan karakter bernyanyi dengan cara dia sendiri. Sehingga dengan alasan tersebut Merpati tertarik dan bersepakat untuk mengajak Kezia berkolaborasi di lagu teranyarnya ini.

“Dia bersuara unik, perpindahan dari suara asli ke falsetnya begitu halus dan bagus sehingga secara karakter masuk ke lagu-lagu Merpati. Apalagi ternyata Kezia adalah jebolan dari ajang kompetisi bergensi seperti “The Voice Kids”, “Asia’sGot Talent 3”, “Starvoices”, “X Faktor Indonesia 2021”. Jadi, secara pengalaman dan kualitas tidak diragukan lagi. Terpenting kami senang saat Kezia diajak joint di lagu terbaru Merpati, Kezia responnya juga bersedia. “ Ujar Andi penuh semangat.

Di sisi lain, Kezia juga membenarkan apa yang sudah diungkapkan oleh Andi Merpati perihal ajakannya untuk berduet dengannya di lagu terbaru mereka yaitu “Janji Satu Purnama” Bahwa ketika dirinya diajak berkolborasi, ia sangat senang sekali.

“ Aku sangat senang dengan ajakan Merpati band untuk duet di single terbaru yang berjudul “Janji Satu Purnama”. Ketika dikirimi 2 lagu demo dari mereka dan aku coba mempelajarinya. Namun memang waktu itu aku pas lagi sibuk syuting X Faktor Indonesia 2021, jadi memang agak tertunda waktu take vokalnya dan memang aku juga harus meminta ijin ke CEO NAGASWARA, Bapak Rahayu Kertawiguna walaupun kita satu wadah. Dan Puji syukur Pak Rahayu memberikan restunya buat kita Merpati dan Kezia Berkolaborasi di lagu baru tersebut. “Jelas Kezia.

Dari penggarapan musik, konsep musik aransemennya selain Merpati Band juga dibantu oleh Rangga Gusman dengan musiknya lebih kental string orchestra dan sentuhan piano serta gitar akustik yang tetap ngeband tapi tetap manis ketika berpadu dengan vokal Kezia.

“Walaupun kita sama sama di jalur Pop tapi secara format genre berbeda. Karena Merpati ada unsur genre Melayunya sedangkan Kezia pure Pop dengan kas kekinian (Milennial). Kita berusaha menggabungkan ide masukan dari Merpati sendiri dan juga dari Kezia untuk cari jalan tengah atau benang merahnya baik dari sisi pembagian part dan nada dasar terus menyesuaikan karakter range vokal Andi sebagai vokalis Merpati dan Kezia. Namun secara keseluruhan berjalan lancar. “Tambah Andi.

Lagu “Janji Satu Purnama” diciptakan Andi Merpati sejak tahun 2016. Lagunya terinspirasi dari lagu “Ada Apa Dengan Cinta” (AADC) ciptaan Melly Goeslaw yang menjadi soundtrack film dengan judul yang sama. Kebetulan Andi suka lagu dan filmnya, sehingga dari sana kepikiran untuk mengembangkan ide melanjutkan cerita lirik lagunya menjadi sesuatu yang berbeda atau “Spin OFF” yang bercerita tentang sepasang kekasih yang terpisah jauh, dan menantikan kekasihnya yang berjanji akan kembali dalam satu purnama. Dan penggalan-penggalan puisilah yang dapat menenangkan hati yang saling merindukan.

Namun, memang diakui Andi bahwa ada kesamaan lirik dan arti di lagu ini sehingga orang yang pertama kali mendengarkan lagu ini sudah barang tentu akan terbayang dengan lagu AADC.

“Oh iya lagu inipun sempat Andi tawarkan ke Teh Melly Goeslaw untuk dijadikan soundtrack film AADC2 (2016) namun berhubung beda konsep jadi lagu ini tidak masuk. Tapi, lagu ini sebenarnya bisa dikatakan project kerjasama saya sama Teh Melly. Dan lagu ini telah sesuai prosedur yang dijalankan karena saya telah meminta ijin dulu ke Teh Melly untuk mencantumnya bahwa lagu ini ciptaan kami berdua sebelum lagu ini dirilis. Karena bagi saya juga sebagai pencipta lagu tentunya ada tanggung jawab moral sebelum orang mengira saya plagiat, “ ucap Andi lagi.

Adapun video klip lagu Merpati Band & Kezia “Janji Satu Purnama” telah di garap oleh sutradara Nurman Kusuma dari PH. Studio Rata Kanan dengan mengambil lokasi syuting di Kawasan Pabrik Kertas, BSD, Tangerang, Banten. Sehingga banyak spot yang bisa di eksplore, tempatnyapun masih terawat dan viewnya sangat eksotik.
“Seharian kita syuting dan ada adegan siang hari dan malam hari agar sesuai dengan judul “Janji Satu Purnama”, dimana rembulannya ada dimalam hari. Pokoknya romantis deh”, pungkas Kezia. (PR NAGASWARA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.