Connect with us

Ngintip

Cara Aman Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah

Cara Aman Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah

Apakah melakukan isolasi mandiri di rumah aman dilakukan? Jawabannya, Ya. Namun tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Saat ini badan Kesehatan dunia (WHO) memiliki klasifikasi gejala pada penderita COVID-19, sebagian besar pasien tanpa gejala dan bergejala ringan dapat pulih dengan perawatan di rumah atau melakukan isolasi mandiri. Lalu apa saja syarat utama yang perlu di penuhi?

dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, sebelum memutuskan melakukan isolasi mandiri di rumah, pastikan pasien sudah mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari tenaga kesehatan yang memeriksanya. Jadi, bukan sembarang mendiagnosis diri untuk melakukan perawatan mandiri di rumah. Setelah mendapatkan hasil PCR positif segera laporkan kepada tenaga Kesehatan untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut dan diberi keputusan apakah yang bersangkutan bisa melakukan isolasi mandiri atau harus mendapat penanganan di rumah sakit.

Bukan hanya itu, pasien juga harus memenuhi persyaratan lainnya seperti, memiliki ruangan sendiri yang terpisah dari kelurga yang sehat, ruangan memiliki ventilasi yang baik dan tetap mendapatkan pemantauan setiap hari dari tenaga Kesehatan secara telemedicine. Maka dari itu, diharapkan mereka yang melakukan isolasi mandiri memang mampu untuk merawat dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Persyaratan lainnya juga harus diperhatikan oleh keluarga pasien yang sehat dalam satu atap, dimana semua anggota keluarga sebisa mungkin untuk tidak melakukan kontak dengan yang sakit, dan jika hendak mengantarkan makanan, dr Reisa memberi contoh, tetap gunakan masker dan tidak melakukan kontak secara langsung dengan meletakkan makanan di depan pintu lalu pasien mengambilnya dengan juga menggunakan masker.

Ingat, anggota keluarga yang sehat masuk ke dalam status karantina mandiri, dimana ini merupakan upaya memisahkan individu yang sehat atau belum memiliki gejala COVID-19, namun memiliki riwayat kontak erat dengan yang terkonfirmasi positif, sehingga diharapkan mereka bisa mengurangi kegiatan di luar rumah namun tetap menjaga protokol Kesehatan secara ketat saat ada kebutuhan mendesak di luar rumah.

Jika persyaratan isolasi mandiri di rumah tidak dapat dipenuhi oleh pasien yang terkonfimasi positif, jangan khawatir. Segera hubungi tenaga Kesehatan terdekat dan jangan menyerah untuk sembuh dari COVID-19 dan kembali berkumpul dengan keluarga. (AN) (Sumber: Talkshow Radio Kesehatan via NAGASWARA RADIO)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.