Connect with us

Ngintip

Perhatikan Hal Ini Sebelum Anak Mendapatkan Vaksin COVID-19

Perhatikan Hal Ini Sebelum Anak Mendapatkan Vaksin COVID-19

Apakah anak-anak harus mendapatkan vaksin COVID-19? Jawabannya, Ya. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Namun apakah vaksin ini aman? Dan bagaimana dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada anak? mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat banyak orang tua khawatir untuk membawa anaknya mendapatkan vaksin, terbukti sampai saat ini, persentase vaksinasi untuk kelompok anak usia 6-11 tahun masih di bawah target.

dr. Yogi Prawira, Sp.A(K) selaku Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan, bahwa data dan laporan yang masuk terkait KIPI pada anak sebagian besar bersifat ringan dan akan mengalami perbaikan selama 24-48 Jam, bahkan ada yang tidak bergejala sama sekali.

“secara prinsip anak-anak yang boleh di vaksin adalah anak-anak yang sehat, jadi kalo anak sedang mengalami misal gejala batuk pilek atau diare, vaksinasi dapat di tunda selama 1 bulan jika terindikasi positif COVID-19 atau jika hanyak mengalami batuk dan flu biasa, bisa melakukan vaksinasi setelah gejala hilang.” ujarnya dalam Talkshow yang disiarkan melalui Radio Kesehatan pada Rabu (23/02).

Selain mendapatkan vaksinasi, protokol Kesehatan juga tetap penting diperhatikan orang tua agar anak-anak tetap aman terhindar dari virus tersebut terutama bagi mereka yang masih melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka. Berikan masker yang nyaman dengan ukuran yang sesuai kepada anak serta tentunya mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar dan pentingnya menjaga jarak dengan orang lain.

Hal lain yang perlu diingat tentunya, bahwa anak-anak memiliki jadwal imunisasi lengkap yang tidak boleh terlewat, maka jadwal imunisasi lengkap dan vaksinasi COVID-19 dapat di jeda selama dua minggu. Namun, jika anak-anak memiliki kondisi Kesehatan tertentu seperti kanker dan penyakit bawaan lainnya, konsultasi dengan tenaga Kesehatan penting dilakukan sebelum mendapatkan vaksinasi.

Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir untuk membawa anak-anak mendapatkan vaksinasi COVID-19, karena vaksinasi terbukti aman dan efektif dalam melindungi dan mengurangi dampak berat dari virus. (Sumber: Talkshow Radio Kesehatan Via Radio NAGASWARA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.